Jumlah Kursi DPRD Waykanan Tak Berubah

img
Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Waykanan dari Divisi Teknis Noprisyah

MOMENTUM, Blambanganumpu--Tidak ada penambahan jumlah kursi DPRD Kabupaten Waykanan dalam pemilu tahun 2024 mendatang, tetap 40 kursi.

"Jadi dalam pemilu tahun 2024, tidak ada penambahan jumlah daerah pemilihan dan kursi DPRD Kabupaten Waykanan, tetap 40 kursi. Hanya yang membedakan, masuknya Kecamatan Umupusemenguk ke daerah pemilihan 1, tanpa menambah alokasi kursi," kata komisioner Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Waykanan dari Divisi Teknis  Noprisyah.

Alokasi jumlah dapil dan kursi DPRD itu disampaikan Noprisyah pada acara sosialisasi Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor: 6 Tahun 2023 tentang Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dalam Pemilu tahun 2024. Sosialisasi berlangsung di  Hotel Sinar Bumi Ratu Kecamatan Umpu Semenguk, Selasa (21-3-2023).

"Untuk pemilihan anggota DPR RI, Kabupaten Waykanan masuk Dapil Lampung II bersama Lampung Timur, Lampung Tengah, Tulang Bawang, Mesuji, Tulang Bawang Barat dan Kabupaten Lampung Utara," terangnya.

Sedangkan untuk pemilihan anggota DPRD Provinsi Lampung, Kabupaten Waykanan masuk Dapil Lampung 5 bersama Kabupaten Lampung Utara.

Pada kesempatan itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Waykanan Yessi Karnainsyah meminta, partai politik saling menjaga ritme, menciptakan suasana politik aman dan kondusif selama pelaksanaan tahapan hingga selesai pelaksanan pemilu tahuh depan.

Sebelumnya, komisioner KPU Waykanan Doan Endedi mengatakan pihaknya telah  melaksanakan tahapan Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi DPRD dalam Pemilu tahun 2024.

"Tahapan penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi DPRD ini kami lakukan sesuai  Keputusan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor: 6 Tahun 2022," katanya.

Sosialisasi itu dihadiri: perwakilan kesbangpol, polres, kodim 0427, kemenag,Kkejaksaan, forum camat, FKUB, KNPI, dan perwakilan akademisi. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos