Berpolitik Sejak Kuliah, Samsani Sudrajat Siap Maju ke Senayan

img
Samsani Sudrajat Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) Provinsi Lampung.

MOMENTUM, Bandarlampung--Samsani Sudrajat merupakan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) Provinsi Lampung.

Pria kelahiran Tanjungkarang 6 September 1978 itu, telah aktif dan gemar belajar panggung perpolitikan sejak duduk di bangku kuliah.

"Saya berinteraksi di dunia politik ini beriringan dengan memasuki dunia kampus," kata Samsani kepada harianmomentum.com, Kamis 30 Maret 2023.

Dia yang telah menyelesaikan pendidikan di Institut Pertanian Bogor pada 2005 kala itu, mengaku aktif dalam organisasi lingkup internal maupun eksternal kampus.

"Di organisasi intra kampus, saya aktif di BEM dan DPM di IPB, sedangkan di ekstra kampus saya tergabung pada Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), sebuah organisasi ekstra kampus yang dideklarasikan senior saya Fahri Hamzah," tuturnya.

"Melalui organisasi itu, saya sering bersinggungan dengan tokoh-tokoh senior politik. Disitulah saya bisa mendapat pencerahan-pencerahan politik serta tanggungjawab politik," sambung Samsani.

Pria dengan kematangan politik dan kewibawaan yang ia punyai, Samsani juga merupakan warga Perguruan Setia Hati Terate (PSHT) Lampung dan sempat mewakili kampusnya di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) pencak silat pada tahun 2000-2001 dan menyumbangkan medali perak.

Berbekal pengalaman dan rekam jejaknya, pada 28 Oktober 2019 lalu Samsani dan seniornya Fahri Hamzah resmi mendeklarasikan partai Gelora.

"Beliau bang Fahri Hamzah, mengajak saya untuk sama-sama berjuang membesarkan partai Gelora di Provinsi Lampung. Dan saya per tanggal 10 November 2019 diberi amanah menjadi ketua DPW partai Gelora Provinsi Lampung," terangnya.

Di momen politik yang sudah mulai berjalan saat ini, Samsani telah memantapkan untuk maju menjadi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) melalui perahu Partai Gelora yang ia nahkodai.

"InsyaAllah saya siap maju sebagai DPR RI melalui Dapil Lampung 1 (Kabupaten: Lampung Barat, Lampung Selatan, Pesawaran, Pesisir Barat, Pringsewu, Tanggamus dan Kota: Bandarlampung, Metro)," ujarnya.

Dia juga mengatakan, akan menyuarakan atas cita-cita besarnya untuk menjadikan Indonesia sebagai negara super power yang adil dan makmur serta dirinya akan berpihak kepada masyarakat kecil.

"Lampung akan kita jadikan wilayah yang kuat, kuat secara ekonomi tentunya. Saya ingin menjadikan Lampung sebagai provinsi yang tingkat kesejahteraan masyarakatnya diatas garis kemiskinan," ujarnya.

"Paling tidak kesejahteraan rakyat Lampung ini bisa tiga besar di tingkat Sumatera," tutupnya.(**)

Berikut Biodata Samsani Sudrajat:

Pribadi

Nama: Samsani Sudrajat

Tempat Tanggal Lahir: Tanjungkarang, 6 September 1978

Agama: Islam

Riwayat Pendidikan

TK Pertiwi Bandarlampung 1985

SD N 2 Rawalaut Bandarlampung 1991

SMP N 5 Tanjungkarang 1994

SMA Al Kautsar Bandarlampung 1997

Pertanian Unversitas Lampung 1997

MSP FPIK Institut Pertanian Bogor 1998

Kiprah Organisasi

-Pengurus OSIS SMA Al Kaustar 1996

-Pengurus MPK SMA Al Kaustar 1997

-Himpunan Mahasiswa Islam IPB

-Ketua Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) daerah Bogor  2002-2004

-Ketua Bidang Olahraga dan Seni OM/BEM TPB Institut Pertanian Bogor 1998-1999

-Sekertaris Komisi C DPM Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB 1999-2000

-Ketua Teritorial III Pimpinan Pusat KAMMI 2004-2006

-Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Gelora Lampung 2019- sekarang






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos