Gubernur Tekankan Pentingnya Jaga Kelestarian Hutan

img
Gubernur Arinal Djunaidi

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi menekankan perlunya menjaga kelestarian hutan.

Menurut gubernur, kelestarian hutan yang terjaga akan berdampak pada produksi pangan di Provinsi Lampung.

"Kita sebagai sentra produksi pangan nasional. Hutannya bagus maka produksi pangannya akan tinggi. Sebaliknya, kalau hutannya berkurang maka produksinya juga turun," kata Arinal saat diwawancarai, Senin (11-4-2023).

Karena itu, gubernur mengundang seluruh pihak terkait agar menjaga kelestarian hutan di Lampung. Seperti Tim Penegakkan Hukum dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta Dinas Kehutanan dan UPTD terkait.

"Saya mengundang para pelaku hari ini agar bisa berkoordinasi mencegah, menjaga kawasan hutannya tetap seperti yang kita harapkan," tuturnya.

Arinal menilai, hutan menjadi sumber daya air di Lampung. Sehingga kerusakan hutan dapat mengganggu sumberdaya air yang berdampak pada produksi pangan.

Selain produksi pangan, kerusakan hutan juga akan mengganggu habitat para satwa.

Terlebih, menurut  gubernur, di Lampung banyak satwa-satwa yang dilindungi. Seperti Harian Sumatera, Gajah dan Badak.

"Kita juga punya kekayaan satwa yang beragam. Di Lampung ini alhamdulillah lengkap. Harimau, gajah, badak, ada semua di sini. Ini harus kita lindungi," tuturnya.

Gubernur juga meminta agar pelaku illegal logging (penebangan liar) bisa ditindak tegas.

"Saya juga meminta supaya, ilegal loging ditindak tegas. Penindakan hukum harus dilakukan," pintanya.

Untuk itu, diharapkan seluruh aparat penegak hukum (APH) bisa saling berkoordinasi dalam menindak pelaku ilegal logging.

Pada kesempatan itu, Arinal juga mengingatkan agar seluruh pemerintah daerah (pemda) harus memperhatikan undang-undang dalam mengambil kebijakan terkait dengan kawasan hutan. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos