Kementan dan DPR RI Gelar Bimtek Tanaman Pangan di Lamsel

img
Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto membuka Bimtek Tanaman Pangan yang diselenggarakan Kementan dan DPR RI

MOMENTUM, Ketapang--Kementerian Pertanian  melalui Direktorat Jenderal Tanaman Pangan bersama Komisi IV DPR RI terus berupaya mendorong peningkatan kulitas komoditas pangan melalui penerapan pemilihan benih bersertifikat.

Salah satu upaya itu dilakukan melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) Tanaman Pangan kepada para petani di Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel). Bimtek berlangsung di Desa Legundi, Kecamatan Ketapang, Rabu (12-4-2023).

Pada kesempatan itu, Bupati Lamsel Nanang Ermant meminta agar peserta Bimtek menyerap ilmu yang diberikan dengan baik.

“Ini ilmu yang harus kita manfaatkan. Ketika bapak ibu mendapatkan bimbingan, ilmu ini sesuai  kondisi negara kita, negara agraris. Manfaatkan waktunya ini sebaik-baiknya. Mudah-mudahan bimbingan teknis ini diberkahi oleh Allah serta diberikan kemudahan dan kelancaran,” kata bupati.

Direktur Perbenihan Tanaman Pangan Kementan Yudi Sostro menyampaikan, petani memiliki peranan penting dalam memenuhi ketersediaan bahan pangan rumah tangga.

Karena itu, hal tersebut harus diimbangi dengan ilmu pengetahuan yang memadai. Sehingga dalam praktiknya, para petani dapat lebih mudah dan bisa menghasilkan komoditas pangan yang lebih baik.

“Bimtek ini sudah kita laksanakan sejak tahun 2021. Di setiap daerah kami harus minimal melaksanakan lima kali bimtek, untuk meningkatkan produksi komoditi pertanian, sekalingus mendongkrak kesejahteraan petani," kata Yudi Sostro.

Ketua Komisi IV DPR RI Sudin berharap,nantinya  para peserta bimtek dapat menyebarkan ilmu yang didapat kepada masyarakat, terutama petani di lingkungan masing-masing. "Bimtek itu merupakan salah satu langkah untuk menambah wawasan, kemampuan dan kapasitas petani mengenai dunia pertanian secara langsung. Sehingga, kedepan para petani bisa bekerja secara optimal," kata Sudin. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos