Sosialisasi Ideologi Pancasila, FX Siman Ingatkan tentang Toleransi

img
Anggota DPRD Provinsi Lampung FX. Siman sosialisasi tentang Pembinaan Ideologi Pancasila di Fajaragung, Pringsewu.

MOMENTUM, Pringsewu -- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung FX Siman melakukan sosialisasi Pembinaan Ideolgi Pancasila di Balai Pekon/Desa Fajaragung, Kabupaten Pringsewu, Jumat 14 April 2023.

Kegiatan yang dilakukan anggota DPRD Dapil III Kabupaten Pesawaran, Pringsewu dan Kota Metro, itu menghadirkan dua orang narasumber yakni Andreas Andoyo dan Sudewi.

Kepala Pekon Fajaragung Suparman menyambut baik agenda tersebut. Kehadiran politisi dari Fraksi Golkar beserta nara sumber dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang ideologi Pancasila.

"Masyarakat kami sekitar 2.700 jiwa atau 800 KK (kepala keluarga) akan lebih memahami tentang Pancasila untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari," ujar Suparman.

Sedang Fauzi, Wakil Bupati Pringsewu periode 2017-2023 yang juga Rektor IBN Lampung, mengatakan kehadiran anggota DPRD Provinsi Lampung tersebut turut membantu Pemkab Pringsewu untuk memberikan sosialiasasi pembinaan ideologi Pancasila.

Dia mengimbau masyarakat agar membiasakan mengucapkan teks Pancasila yang penuh arti dan makna dalam kehidupan sehari-hari. "Di samping itu, Pancasila sebagai dasar dan Ideologi Negara dan pemersatu bangsa,"ujarnya.

Sementara Siman yang asli warga Pringsewu menuturkan, Indonesia adalah bangsa yang Bhinneka Tunggal Ika. Kaya dengan suku, adat dan budaya. Namun, tetapi dalam kerangka kesatuan dan persatuan Indonesia.

“Pancasila adalah pegangan kita, rujukan kita dalam berbangsa dan bernegara. Dalam merumuskan pancasila, para pendiri bangsa memiliki tujuan agar bangsa yang kaya akan latar belakang adat dan budaya ini tetap bisa bersatu dan menjadi bangsa yang kuat,” ungkapnya.

Siman juga mengingatkan Indonesia bangsa yang beragam, membutuhkan sikap toleransi dan tenggang rasa. Sehingga terhindar dari perpecahan dan konflik sesama anak bangsa.

Gotong-royong merupakan budaya asli bangsa Indonesia. Jadi, harus saling membantu. "Tidak boleh hanya mementingkan kepentingan peribadi, karena persatuan dan kesatuan harus lebih diutamakan. Harus rukun, saling menguatkan dan saling mengingatkan," imbuhnya,

Tampak hadir, Sekretaris Kesbangpol Pringsewu Indra Hariyadi, perwakilan camat dan unsur perangkat Pekon Fajaragung.(*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos