Ratusan Bakal Calon Legislatif Tes Kesehatan dan Kejiwaan

img
Tes kesehatan dan kejiwaan untuk bakal calon legislatif di Gedung Pancasila, Lampung Barat.

MOMENTUM, Liwa -- Ratusan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) dari berbagai partai politik (parpol) peserta pemilu 2024 di Kabupaten Lampung Barat melakukan tes kesehatan dan kejiwaan di Gedung Pancasila, Komplek Pemkab Lambar, Kamis 4 Mei 2023.

Para bacaleg mengantre untuk melakukan tes kesehatan fisik dan kejiwaan. Termasuk tes urin untuk memastikan bacaleg bebas dari narkoba. Petugas yang melakukan pemeriksaan kesehatan berasal dari Sakit Umum Daerah (RSUD) Alimudin Umar dan Rumah Sakit Jiwa Lampung.

Tes kesehatan fisik dan jiwa itu dibutuhkan bacaleg sebagai syarat mendaftar sebagai peserta pemilu legislatif yang akan dilaksanakan pada Februari 2024.

Kasubid Rawat Inap dan Tenaga Medis RSUD Alimudin Umar, Sri Mulyani mengatakan, pihaknya melaksanakan pengecekan terhadap bacaleg dari parpol peserta pemilu 2024. Antaranya tes kesehatan yang meliputi pengecekan tensi darah hingga tes urin untuk memastikan yang bersangkutan bebas dari obat-obatan terlarang atau narkoba.

"Kami diminta untuk melakukan pengecekan kesehatan para peserta. Dan sampai saat ini masih berjalan dan belum bisa memberikan jumlah pasti peserta yang mengikuti. Dimana, kami melakukan pengecekan sesuai yang diajukan oleh masing-masing parpol," katanya.

Mengenai biaya, Sri menjelaskan pengecekan tersebut masuk katagori pengecekan umum. Setiap peserta dikenakan biaya Rp253 ribu.

"Kita cek kesehatan dari pengecekan tensi darah, tinggi badan hingga test urin yang bersangkutan. Biayanya umum sebesar 253 ribu," ujarnya seraya mengatakan bahwa untuk tes kejiwaan dilakukan terpisah oleh petugas dari RSJ Kurungan Nyawa.

Sementara itu, Ketua DPD II Golkar Lambar, Ismun Zani mengatakan bacaleg Partai Golkar mengikuti tes kesehatan dan kejiwaaan 35 orang.

Dikatakan Ismun, DPD II Partai Golkar menurunkan seluruh kader terbaiknya pada pileg 2024. Pihaknya menargetkan meraih 20 persen suara pada pagelaran tersebut.

Menurutnya angka tersebut didasarkan pada hasil partainya pada pemilu sebelumnya. "Target kita 20 persen, bukan hal yang mustahil dengan melihat perwakilan kita pada pemilu sebelumnya mencapai 7 kursi dari 35 kursi," ungkapnya.

DPD II Golkar Lambar akan mendaftarkan bacaleg ke KPUD Lambar pada 12 Mei mendatang. Hal ini dilakukan Partai Golkal serentak diseluruh Indonesia. "Pendaftaran atau penyerahan berkas bacaleg ke KPUD Lambar pada 12 Mei serentak di seluruh Indonesia," katanya. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos