Buka Lampung Craft, Gubernur Sebut UMKM Berperan Penting dalam Pertumbuhan Ekonomi

img
Pembukaan Lampung Craft 2023.

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi membuka Lampung Craft 2023 di Gedung Graha Wangsa, Selasa (6-6-2023).

Dalam kesempatan itu, gubernur menyebutkan, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu sektor utama untuk membangkitkan ekonomi Lampung.

Karena itu, UMKM yang merupakan potensi perekonomian daerah harus dijaga keberadaanj6a.

"Saya mengharapkan UMKM di Lampung merupakan potensi ekonomi yang harus dijaga. Tidak ada alasan, UMKM di Lampung tidak sukses. Karena bahan bakunya ada di Lampung dan bisa dipertahankan. Tinggal kreativitas kita semua," kata Arinal.

Apalagi, menurut gubernur, keberadaan UMKM sangat berpengaruh dalam menjaga keseimbangan ekonomi di Lampung.

Terbukti, berdasarkan hasil rilis data Badan Pusat Statistik (BPS) pada triwulan I 2023, ekonomi Lampung tumbuh positif.

Bahkan, menjadi satu-satunya provinsi di Sumatera dengan pertumbuhan ekonomi yang positif. Sedangkan sembilan provinsi lainnya justru tumbuh negatif.

"Pertumbuhan ekonomi ini disebabkan adanya optimalisasi UMKM di Lampung yang mencapai lebih dari 320 ribu. Jadi UMKM ini salah satu yang mampu memberikan keseimbangan ekonomi," jelasnya.

Untuk itu, Arinal mendorong agar pembangunan Sentra UMKM segera dipercepat. "Lahannya sudah ada, anggarannya juga ada. Jadi saya minta ini segera dipercepat pembangunannya," tuturnya.

Melalui Lampung Craft, gubernur berharap bisa mendorong masyarakat untuk membeli produk-produk lokal. Khususnya produk UMKM.

"Saya juga berharap ke depan produk UMKM Lampung dapat menembus pasar nasional bahkan hingga pasar Internasional," ujarnya.

Sementara, Ketua Dekranasda Lampung Riana Sari Arinal mengatakan, kegiatan tersebut diharapkan bisa mendongkrak promosi kerajinan lokal hingga kancah nasional dan internasional.

Riana menuturkan perkembangan wastra dan kriya Lampung semakin menggeliat. Pameran Lampung Craft yang telah dilaksanakan sejak tahun 2020 hingga saat ini, telah menjadi ajang pameran yang paling ditunggu oleh para pelaku UMKM khususnya kerajinan dan juga para pecinta wastra dan kerajinan lampung ,yang bukan sebatas masyarakat Lampung saja namun sudah meluas hingga berbagai daerah di Indonesia.

Riana mengatakan, Dekranasda Lampung akan terus melakukan inovasi dan ide baru untuk mengangkat karya UMKM ke kancah nasional.

"Berbagai program kegiatan seperti pelatihan atau bimtek kepada UMKM lokal Lampung bekerjasama dengan para desainer nasional," sebutnya. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos