Soroti Isu Sistem Proporsional Tertutup, Tobas: Jangan Renggut Hak Rakyat

img
Taufik Basari (Tobas). Foto: Ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Anggota Fraksi Partai Nasdem Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Taufik Basari menyoroti terkait isu penerapan Sistem Proporsional Tertutup pada Pemilu 2024.

Petahana yang juga akan maju kembali melalui daerah pemilihan (Dapil) Lampung 1 itu masih mengharapkan sistem pemilu proporsional terbuka.

"Tentunya pasti kita berharap tetap proporsional terbuka," kata Tobas--sapaan akrabnya--, Rabu (7-6-2023).

Dia mengatakan, sistem proporsional terbuka merupakan hak yang telah dinikmati para anggota legislatif dan masyarakat.

"Buat saya ini (sistem proporsional terbuka) adalah hak yang telah kita nikmati. Kalau kembali ke sistem proporsional tertutup artinya hak yang sempat kita nikmati itu terenggut," ujar anggota komisi III DPR RI itu.

Soal perubahan, lanjut dia, sistem terbuka menjadi tertutup bukan hanya menjadi kepentingan partai politik saja. Akan tetapi sudah menjadi kepentingan rakyat.

"Hak rakyat pun akan terenggut, jadi jangan renggut itu," singkatnya.

“Padahal saat ini rakyat mendapatkan tambahan hak untuk mengetahui siapa calon anggota DPR yang akan diberikan kepercayaan suaranya, bagaimana kualitas dan rekam jejaknya dan dapat menagih amanat yang telah diberikan langsung kepada anggota yang terpilih,” imbuhnya.

Menurut dia, sistem pemilu memang bisa macam-macam jenisnya. Tertutup itu boleh dan terbuka pun boleh.

"Tapi, seiring berjalannya proses dari yang tadinya tertutup menjadi terbuka maka kita mendapatkan hak tambahan. Artinya ada kemajuan disitu. Demokrasi tidak boleh mundur," jelasnya.

Lebih dalam dia menerangkan, dengan beragamnya sistem pemilihan maka sistem pemilihan ditentukan secara kebijakan hukum terbuka (open legal policy).

"Maka bukan kewenangannya Mahkamah Konstitusi (MK) menentukan mana sistem yang terbaik. Tapi itu ranahnya pembuat Undang-Undang untuk memutuskan," pungkas dia.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos