Pemilu dan Pilkada, Aparatur Desa Diminta Netral

img
Penandatangan komitmen bersama Forkopimda, Lurah dan Kepala Pekon serta ASN dalam rangka menyukseskan pemilu dan pilkada tahun 2024.

MOMENTUM, Pringsewu -- Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah meminta kepada seluruh kepala pekon (desa) dan lurah beserta perangkatnya untuk netral dalam pelaksanaan pemilu dan pilkada serentak pada 2024.

Jabatan kepala pekon (Kakon) merupakan pemimpin yang dipilih warga. Terdapat kewajiban dan larangan yang harus dipatuhi selama menjalankan tugasnya. Begitu juga jabatan lurah yakni melekat sebagai aparatur sipil negara atau ASN.

"Maka saya tekankan bahwa seluruh kepala pekon dan lurah beserta perangkatnya wajib menjaga netralitas dalam menyikapi situasi politik dan tidak terpengaruh atau memengaruhi pihak lain untuk melakukan kegiatan yang mengarah pada keberpihakan atau ketidak netralan,"tegas Adi Erlansyah

Dia menegaskan hal itu saat memberi arahan pada acara penandatangan Komitmen Bersama Forkopimda, Lurah dan Kepala Pekon serta ASN dalam rangka mensukseskan Pemilu dan Pilkada Damai tahun 2024.

Agenda tersebut diinisiasi Kesbangpol Kabupaten Pringsewu, berlangsung Sabtu (8/7/2023) di Aula RM Radja Pindang, Kecamatan Gadingrejo. Dihadiri 133 kepala pekon/Lurah, muspida, jajaran Kepala OPD, Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Kabupaten Pringsewu.

Adi Erlansyah menuturkan bahwa pemilu dan pilkada secara serentak tahun 2024 sudah di depan mata. Sesuai jadwal yang telah disusun, pada 14 Februari 2024 akan dilaksanakan pPemilihan umum (pemilu) untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden.

Juga pemilihan  anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI serta pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Sedang  pemilihan kepala daerah (pilkada) dilaksanakan pada 27 November 2024. "Kita akan melaksanakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota di seluruh Indonesia," terangnya.

Bahkan momen tersebut akan menjadi pemilihan pertama yang terbesar di Indonesia. Sebab, sebelumnya, pemilu dan pilkada belum pernah dilaksanakan di tahun yang sama.

Menurutnya, rangkaian kegiatan ini memiliki arti penting, karena merupakan sebuah langkah besar menuju masa depan, dengan harapan akan adanya perubahan
kearah yang lebih baik, peningkatan pembangunan, kemajuan, dan kesejahteraan bagi semua pihak.

Penjabat Bupati Pringsewu juga mengajak untuk bersama-sama menyatukan gerak langkah, visi dan misi serta persepsi. "Ini dalam upaya mendukung suksesnya pelaksanaan Pemilu serta Pilkada serentak tahun 2024 mendatang,"imbuhnya.

Sementara Kepala Kesbangpol Pringsewu Sukarman juga berharap dengan dilaksanakannya agenda tersebut maka akan semakin meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan wawasan akan pentingnya netralitas yang harus ditunjukkan.

"Saat ini posisi kita sebagai teladan dan pelayan masyarakat serta pelaksana jalannya pemerintahan
tidak lepas dari sorotan publik, yang mampu menggerakkan potensi sosial dan politik. Untuk itulah kita harus netral,"ucap Sukarman.

Nampak hadir Sekdakab Pringsewu Heri Iswahyudi, Ketua DPRD Pringsewu Suherman, Wakapolres Kompol Doni Dunggio, Pabung Kodim 0424 Kapten Redi Kurniawan. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos