Jelang HUT ke 78 RI, DPRD Lambar Ikuti Rangkaian Acara Dengar Pidato Presiden RI Secara Virtual

MOMENTUM, Liwa--Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) gelar acara mendengarkan pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia (RI) dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia, dengan mengusung tema 'Terus melaju untuk Indonesia maju', Rabu (16-8-2023).

Rapat paripurna tersebut berlangsung di ruang sidang maghgasana DPRD Lambar yang dibuka langsung oleh ketua DPRD, Edi Novial dan dihadiri Pj. Bupati Lambar Nukman beserta jajaran, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) diantaranya Kapolres Lambar AKBP Heri Sugeng Priyantho, Dandim 0422/LB Letkol Czi Anthon Wibowo, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Lambar Dedy Sutendy, Ketua Pengadilan Negeri Liwa Awaluddin Hendra Aprilana, perwakilan Pengadilan Agama Krui, Kementerian Agama Lambar, Badan Pusat Statistik (BPS) Lambar dan sejumlah tokoh adat di Lambar.

Perlu diketahui, rapat paripurna dalam rangka mendengarkan pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI tersebut diikuti secara virtual oleh seluruh Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia yang disiarkan langsung dari Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta.

Selaku pimpinan rapat, Ketua DPRD Lambar Edi Novial, mengatakan dengan semangat proklamasi 17 Agustus 1945, dirinya mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

"Jika kita mengenang perjuangan para Pahlawan Tahun 1945 maka terlintas jelas dibenak kita bahwa semangat pertempuran yang bagaikan api yang tak kunjung padam begitu hebat dan menyatu dalam jiwa Pahlawan Pejuang 45, namun demikian tak kalah pentingnya dengan peran kita semua sekarang ini, karenanya marilah kita tingkatkan terus jiwa dan semangat 45, dengan mewujudkan jiwa pembangunan yang tangguh," kata Edi Novial.

Selanjutnya Edi Novial menuturkan jika kemakmuran berdasarkan keadilan dan ketuhanan Yang Maha Esa belum dicapai, untuk itu masih banyak yang harus diperjuangkan.

"Kemerdekaan sebagai warisan Para Pahlawan kita hendaknya kita isi dengan jiwa Pembangunan tanpa mengenal kepentingan pribadi ataupun golongan, mari kita tumbuhkan terus semangat kebersamaan dalam memperjuangkan cita-cita kemerdekaan," tuturnya.

Edi Novial mengajak untuk mengingat kembali, bahwa Kemerdekaan Republik Indonesia yang diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945, bukanlah merupakan hadiah atau pemberian dari pihak penjajah kepada Bangsa Indonesia. Melainkan hasil perjuangan Bangsa Indonesia dengan penuh pengorbanan jiwa, raga dan keluarga.

Sesuai dengan tema tahun ini "Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”, maka dirinya mengajak bersama-sama meneruskan perjuangan dan pembangunan berkolaborasi bersama memanfaatkan momentum untuk mewujudkan Indonesia Maju.

”Dirgahayu ke-78 Republik Indonesia, terus malaju untuk Indonesia maju, merdeka... merdeka... merdeka...!!!," pungkasnya.

Sementara itu, Pj. Bupati Lambar Nukman mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk senantiasa memaknai tema yang diusung dalam peringatan HUT ke-78 RI yaitu 'Terus Melaju Untuk Indonesia Maju'.

"Tema ini merefleksikan semangat bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan dan pembangunan, berkolaborasi bersama memanfaatkan momentum ini untuk mewujudkan Indonesia maju," ucap Nukman.

Kemudian, lanjut Nukman, kemerdekaan memiliki beberapa makna mendalam, satu di antaranya dapat menumbuhkan rasa saling menghargai dan menghormati.

"Dengan kemerdekaan yang kita dapatkan, kita harus selalu menghargai jasa pahlawan yang telah berjuang meraih kemerdekaan dan menjaga negeri ini dengan jiwa nasionalisme yang tinggi," ujarnya.

Makna dari menghargai dan menghormati, lanjut Nukman, dapat diartikan sebagai dengan tidak membeda-bedakan agama, ras, dan suku dalam bermasyarakat dan kehidupan sosial.

Sebelum Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidatonya, Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2023 terlebih dahulu dibuka oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan kemudian dilanjutkan dengan Pidato Pengantar Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti.

Sementara, Presiden Jokowi menyampaikan pidato terkait Penyampaian Laporan Kinerja Lembaga-Lembaga Negara dan Pidato Kenegaraan dalam rangka HUT ke-78 Kemerdekaan RI.(**)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos