Pendidikan Anti Narkoba akan Masuk Muatan Lokal di Waykanan

img
Granat Provinsi Lampung bekerja sama dengan Pemda Waykanan, BNN Provinsi Lampung dan Unila menggagas program Percepatan P4GN.

MOMENTUM, Bandarlampung -- Granat Provinsi Lampung, Badan Narkotika Nasional (BNN), Universitas Lampung dan Pemkab Waykanan menjalin kerja sama Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) 

Bersamaan dengan itu, juga ditandatangani Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Dinas Pendidikan Kabupaten Waykanan dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unila, DPC Granat Kabupaten Waykanan, dan BNN Provinsi Lampung.

Penandatanganan MOU dan PKS berlangsung di di Bandarlampung, Rabu (4/10/2023). Dihadiri Dewan Pembina  DPP Granat, Komjen Pol. (P) Togar M. Sianipar, Ketua Umum DPP Granat KRH. Henry Yosodiningrat, Rektor Unila Prof. Lusmeilia Afriani, Kepala BNN Lampung Brigjen Pol. Budi Wibowo,  Bupati Waykanan Raden Adipati Surya, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unila, Prof. Sunyono, dan sejumlah pengurus Granat.

Dalam sambutannya, Ketua DPD Granat Provinsi Lampung, Tony Eka Candra mengatakan program itu merupakan bagian dari penguatan P4GN melalui percepatan P4GN, Kerjasama Rumah Edukasi Anti Narkoba, dan Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Pendidikan Anti Narkoba di Satuan Pendidikan Kabupaten Waykanan. 

Dengan dukungan berbagai pihak terhadap program tersebut, kata Tony, membangkitkan seluruh jajaran pengurus dan relawan sampai tingkat desa/kelurahan.

“Baru hari ini ada kerjasama yang melibatkan banyak pihak yang disinkronkan menjadi satu. Semoga ini menjadi amal jariah bagi kita semua," ujar Tony.

Lanjut dia, masih maraknya penggunaan narkoba di Indonesia tidak lain karna kurangnya pemahaman tentang bahaya dari penyalahgunaan narkoba itu sendiri, ditambah dengan kurangnya kepedulian masyarakat, dan terkadang aspek penegakan hukumnyapun masih lemah.

“Untuk itu, diperlukan inovasi dan metode yang masif terpadu dan berkesinambungan dalam rangka percepatan Pencegahan Pemberantasan, penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) malalui program pendidikan yang telah ditandatangani bersama hari ini,” terangnya. 

Di tempat yang sama, Raden Adipati mengapresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam program ini. Menurut dia, peredaran narkoba bukan hanya di kalangan remaja, melainkan juga sudah merambah di sekolah-sekolah, pejabat, ASN dan mahasiswa. 

Oleh karenanya, Pemda Kabupaten Waykanan mendukung sepenuhnya program ini, dan kami sangat bersemangat untuk menjalankan program yang telah disepakati bersama. Dengan ini kami berharap bisa berdampak positif dalam kelangsungan pembangunan kabupaten Way Kanan baik di bidang infrastruktur dan yang sangat penting adalah pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Nasional Anti Narkotika (DPP Granat) Henry Yosodiningrat, mengatakan, sangat bangga kepada kepengurusan Granat Lampung dan Waykanan yang berhasil membuat terobosan dalam bidang Pencegahan Peredaran Gelap Narkotika melalui Percepatan P4GN yang telah dijabarkan pada MOU dan PKS tersebut.

"Hal ini akan kami bawa ke Presiden untuk menjadi masukan kepada pemerintah pusat dalam upaya Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika,"katanya.(*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos