KPU Pringsewu Terima 6.063 Kotak Suara Pemilu 2024

img
Petugas kepolisian melakukan penjagaan di lokasi penyimpanan logistik kotak suara di Gudang KPU Kabupaten Pringsewu.

MOMENTUM, Pringsewu--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pringsewu menerima logistik berupa 6.063 kotak suara untuk pelaksanaan Pemilu 2024.

Logistik Pemilu 2024 yang tiba pada Minggu (22-10-2023) itu ditempatkan di gudang sebelah Kantor KPU Kabupaten Pringsewu untuk segera distribusikan ke 1.209 tempat pemungutan suara (TPS). Ribuan TPS itu tersebar di 131 Pekon (desa)/kelurahan dan PPK pada sembilan kecamatan se Pringsewu.

Kasubag Keuangan, Umum dan Logistik pada KPU Kabupaten Pringsewu, Nurudin menjelaskan, sementara ini baru logistik kotak suara. "Untuk kedatangan logistik bilik suara dimungkinkan akhir Oktober 2023 ini sebanyak 4.836 bilik suara," jelasnya.

Menurut dia, untuk mengantisipasi kelembapan atau jika ada genangan air, maka pada dasar lantai gudang yang berukuran 30 x 12 meter itu terlebih dulu diberi papan valet sekitar 15 hingga 20 cm.

Nurudin menambahkan, karena sejumlah jenis logistik untuk persiapan Pemilu 2024 pada gudang telah terisi, maka sudah melekat mendapat pengamanan intensif dari pihak Polres Pringsewu.

"Pada gudang logistik sudah ada pengamanan dari Polres Pringsewu juga pengamanan dari pihak KPU," imbuhnya.

Bahkan, kedatangan logistik kotak suara itu dikawal ketat oleh petugas kepolisian sejak tiba di wilayah Pringsewu.

Kabag Ops Kompol Kisron mewakili Kapolres Pringsewu AKBP Benny Prasetya mengatakan, kegiatan pengawalan dan pengamanan ini merupakan bagian dari upaya kepolisian untuk menjamin keamanan dan ketertiban pada proses tahapan Pemilu 2024.

"Ribuan kotak suara tersebut saat ini sudah disimpan di gudang KPU dan dalam pengamanan ketat aparat kepolisian," ujar dia.

Kompol Kisron menuturkan, pihaknya telah menyiapkan langkah-langkah pengamanan yang matang untuk memastikan kotak suara tersebut baik digudang maupun pendistribusian hingga sampai pada tujuannya tanpa ada gangguan yang merugikan jalannya pemilihan.

Kabag Ops juga menekankan pentingnya peran masyarakat dalam mendukung pelaksanaan pemilihan umum. Dia mengajak seluruh masyarakat untuk ikut serta dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif selama masa kampanye hingga hari pemungutan suara nanti. 

“Kerjasama antara masyarakat dan aparat kepolisian sangat diperlukan demi tercapainya pemilihan yang adil, bersih dan demokratis," harapnya.

Dia menambahkan, pengamanan ini merupakan bagian dari serangkaian persiapan dalam menyambut pesta demokrasi yang akan dihelat dalam beberapa bulan mendatang. 

Polres Pringsewu berkomitmen untuk memberikan perlindungan maksimal kepada seluruh tahapan pemilu. "Yakni, menjaga netralitas, dan mencegah potensi gangguan keamanan yang dapat mengganggu proses demokrasi di Kabupaten Pringsewu khususnya," tegas Kisron.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos