Turun Satu Strip, Lampung Masih Berpeluang Tambah Emas

img

MOMENTUM, Pekanbaru--Pil pahit harus ditelan Kontingen Lampung di ajang Pekan Olahraga wilayah (Porwil) XI Sumatera yang dihelat di Kota Pekanbaru, Riau, 4-14 November 2023.

Alih-alih mencapai target tiga besar, di hari keenam (Jumat 10 November 2023) pelaksanaan Porwil VI, posisi kontingen Lampung di klasemen perolehan medali sementara, justru melorot satu strip ke peringkat enam dengan: 10 emas, 10 perak dan 14 perunggu.

Posisi Lampung yang hingga hari kelima pelaksanaan Porwil XI bertahan di lima besar, dikudeta Jambi dengan: 11 emas, 7 perak dan 15 perunggu. Sumatera Selatan yang juga mendulang 11 emas,  namaun meraih 27 perak dan 12 perunggu berada di peringkat keempat.

Tuan rumah Riau masih kokoh di puncak klasemen dengan: 36 emas, 16 perak dan 33 perunggu. Bangka-Belitung yang meraih 31 emas, 21 perak dan 25 peringgu menguntit di posisi runner-up.

Peringkat ketujuh dihuni Provinsi Kepulaian Riau dengan: 7 emas, 10 perak dan 14 perunggu. Bengkulu yang baru meraih: 3 emas, 6 perak dan 4 perunggu, terbenam di dasar klasemen. 


Kontingen Lampung masih berpeluang menambah catatan perolehan medali, sekaligus mendongkrak pososi kembali ke peringkat lima, bahkan tidak menutup kemungkinan masuh keempat besar. Dengan catatan Jambi dan Sumatera Selatan tidak menambah pundi medali emas.

Peluang Lampung menambah medali emas datang dari cabang olahraga sepakbola, voly putra dan putri. Kedua cabor tersebut akan melakoni pertandingan semifinal pada Sabtu 11 Nobvember 2023.

Di semifinal tim sepak bola Lampung akan menghadapi Sumatera Barat. Andai berhasil lolos ke final, tim sepak bola Lampung bukan hanya berpeluang meraih medali emas, namun memastikan tiket ke PON tahun 2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

Cabor bola voly juga akan bertanding di semifinal. Di bagian putra, tim voly Lampung akan menghadapi Sumatera Barat. Sedangkan tim putri akan menantang Sumatera Selatan. 

Porwil XI Sumatera yang menjadi bagian dari kualifikasi PON tahun 2024 itu, diikuti delapan provinsi: Riau, Sumatera Barat, Lampung, Bangkat Belitung, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu, mempertandingkan sepuluh cabang olaharaga: sepak bola, voly, sepak takraw, catur, barongsai, bola tangan, renang, wushu, atletik dan e-sport. 

Provinsi Aceh dan Sumatera Utara tidak ambil bagian dalam Porwil XI karena akan menjadi tuan rumah PON tahun 2024  Dari sepuluh cabor yang dipertandingkan di Porwil XI Sumatera, kontingen Lampung tidak ambil bagian di cabor, sepak takraw.  (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos