Deklarasi Kampanye Damai, Bawaslu Ajak Masyarakat Ikut Awasi Pemilu 2024

img
Pemukulan gong pada kegiatan kegiatan Deklarasi Kampanye Damai dan Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024 Kabupaten Tanggamus.

MOMENTUM, Kotaagung--Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Lampung mengajak masyarakat ikut aktif dalam mengawasi perhelatan Pemilu 2024.

Pernyataan itu disampaikan Suheri Koordinator Divisi Hukum, Pendidikan dan Pelatihan Bawaslu Lampung saat kegiatan Deklarasi Kampanye Damai dan Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024 di Wisata Air Terjun Way Lalaan Kecamatan Kotaagung Timur Kabupaten Tanggamus, Senin (20-11-2023).  

Penegakkan keadilan Pemilu 2024 ini merupakan sesuai dengan slogan Bawaslu untuk persiapan Pemilu 2024. "Sesuai dengan slogan Bawaslu bersama rakyat awasi pemilu bersama Bawaslu tegakkan keadilan," kata Suheri. 

Suheri juga mengatakan, dalam Pemilu 2024 ini kinerja Bawaslu juga diawasi oleh seluruh masyarakat. Tak hanya itu, Bawaslu juga turut mendoring masyarakat menjadi pengawas Pemilu 2024 yang partisipatif. 

"Jadi rakyat kita minta untuk mengawasi dengan aktif setiap tahapan pemilu yang ada," katanya. 

Hal itu dikatakan karena, pengawas Pemilu tidak bisa bekerja sendiri dalam mengawasi Pemilu 2024 yang akan datang, Hal itu karenakan, jumlah pemilih dalam gelaran Pemilu 2024 kurang lebih terdapat 6 juta orang. 

"Untuk mengawasi pemilih yang ada 6 juta orang lebih itu sangat tidak mungkin kalau hanya di bebani kepada kami para pengawas pemilu," jelasnya. 

Ia juga meminta kepada Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan agar bisa membuat masyarakat menjadi pengawas partisipatif dalam gelaran Pemilu 2024 nanti. 

Dengan begitu, masyarakat bisa mengadukan seluruh pelanggaran yang ada di gelaran Pemiiu 2024 nanti. 

"Sehingga jika ditemukan sebuah pelanggaran bisa dieksekusi oleh lembaga yang memiliki kompetensi," kata dia. 

Dia juga berpesan kepada Bawaslu Tanggamus untuk selalu bersinergi dengan pihak Panwascam dan PKD yang ada di lapangan. 

Ia juga berharap, di Pemilu 2024 yang akan datang tidak ada sengketa Pemilu di Kabupaten Tanggamus. 

Dia juga meminta kepada seluruh Panwascam dan PKD yang ada di Tanggamus untuk berkomitmen menjaga Pemilu yang damai. 

Pemilu yang damai ini harus diciptakan secara bersamaan baik dari pengawas dan penyelenggara Pemilu dan masyarakat di Kabupaten Tanggamus. 

"Karena pemilu yang damai itu bukan hanya keinginan kita dari pengawas pemilu dan penyelenggara pemilu," katanya. 

Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh seluruh Panwascam dan PKD se-Kabupaten Tanggamus. 

Kemudian, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan adanya konvoi oleh anggota Bawaslu Tanggamus dengan menggunakan kendaraan roda empat. 

Selain itu, ada pula pengucapan ikrar kampanye damai yang dilakukan oleh seluruh perwakilan partai politik di Kabupaten Tanggamus. (**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos