17 Parpol di Mesuji Deklarasi Kampanye Damai

img
Bawaslu Mesuji Bersama 17 parpol saat deklarasi pemilu damai 2024.

MOMENTUM, Mesuji -- Bawaslu Kabupaten Mesuji menggelar deklarasi dan ikrar kampanye damai di lapangan Desa Brabasan, Kecamatan Tanjungraya, Selasa 21 November 2023. 

Kegiatan itu diikuti 17 partai politik peserta pemilu 2024. Serta unsur forkopimda setempat.

Ketua Bawaslu Kabupaten Mesuji, Deden Cahyono mengatakan, deklarasi ini sebagai bentuk pernyataan komitmen untuk menyukseskan pemilu 2024 yang damai, aman, dan lancar 2024. 

Komitmen bersama antara pengawas dan peserta pemilu guna terciptanya kampanye yang tertib, aman, damai, jujur dan adil. Sehingga diharapkan semua pihak dapat berkomitmen untuk mendukung menyukseskan pemilu 2024, terang Deden.

Perwakilan Bawaslu Propinsi Lampung Gistiawan menyambut baik deklarasi pemilu damai, menurut dia deklarasi ini yang ketiga diadakan di propinsi Lampung. 

Kampanye pemilu yang akan dimulai pada 28 November mendatang, diharapkan berjalan damai dan aman. Sesuai amanah demokrasi. "Kami sebagai penyelenggara pemilu mendukung penuh terlaksana pemilu damai," kata Gistiawan. 

Bertikut ikrar kampanye damai pemilu serentak 2024 yang dibaca bersama-sama:

1. Mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas rahasia jujur dan adil.

2. Melaksanakan kampanye pemilu berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

3. Melaksanakan kampanye yang aman tertib damai dan berintegritas tanpa hoax politisasi sara, dan politik uang.

4. Tidak mengikutsertakan pihak - pihak yang dilarang kampanye.

5. Tidak menguntungkan fasilitas pemerintah tempat ibadah dan tempat pendidikan untuk kegiatan kampanye yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

6. Tidak Akan melakukan kampanye hitam dengan menghasut dan mengadu domba masyarakat.

7. Menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan bangsa sehingga menahan diri dari segala macam bentuk intrik, intimidasi, provokasi, pelecehan dan pencemaran nama baik serta penghinaan antar peserta pemilu.

Selanjutnya, dilakukan penandatanganan Kesepakatan Damai sebagai bentuk persatuan dan persaudaraan dalam keberagaman dengan mengedepankan nilai-nilai Pancasila. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos