Dekranasda Tanggamus Dukung Perajin Rajut dan Pengembangan UP2K PKK

img
Ketua Dekranasda yang juga Ketua TP PKK Kabupaten Tanggamus kunjungan kerja ke Kecamatan Ulubelu.

MOMENTUM, Ulubelu--Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Tanggamus mendukung perkembangan usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) PKK dan perajin rajut.

Dukungan itu terungkap dalam kunjungan Ketua Dekranasda yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanggamus, Helen Veronica di  Pekon Pagaralam  Kecamatan Ulubelu, Kamis 23 November 2023.

Turut dalam acara tersebut, Camat Ulubelu Mansyurin, Ketua DWP Nuraini Lubis, para pengurus Dekranasda dan pengurus PKK Kabupaten Tanggamus dan Kecamatan Ulubelu.

Dalam sambutannya, Helen mengatakan para perajin pengrajin, Kelompok UP2K dan pelaku usaha yang ada di Kecamatan Ulubelu, merupakan sekelompok perempuan tangguh. Karena di sela-sela kewajiban mengurus rumah tangga, masih melakukan usaha ekonomi, seperti membuat rajutan dan berbagai produk olahan makanan.

"Saya apresiasi atas inovasi ibu-ibu sekalian untuk melakukan usaha dengan ruang lingkup selaku kelompok UP2K dan UMKM di mana usaha-usaha ini adalah untuk memberikan nilai tambah atau pendapatan bagi keluarga, sekaligus mengisi kekosongan waktu luang di sela-sela kesibukan sebagai ibu rumah tangga untuk kegiatan yang berharga," katanya.

Menurut dia, sebagai ibu rumah tangga atau perempuan terkadang dituntut bukan hanya menjadi penopang keberhasilan tugas suami. Tetapi, juga harus bisa mencari, menggali dan mengembangkan potensi diri untuk kepentingan keluarga dan organisasi. 

Oleh karena itu kita selaku ibu rumah tangga harus bisa berinovasi dalam rangka meningkatkan kreatifitas dan mensejahterakan keluarga.

"Saya berharap dan berdoa semoga segala usaha dan kerja ibu-ibu semua terus maju dan berkembang. Produk-produknya terus laris dan dibeli oleh pelanggan serta warga masyarakat yang membutuhkan produk yang ibu-ibu tawarkan," katanya.

Helen mengatakan banyak bagaimana perkembangan usaha ibu rumah tangga selama ini. Sejauh mana usaha ini berjalan, pemasarannya seperti apa, apakah pelatihan terkait usaha tersebut sudah dijalankan. 

"Kami dari Tim penggerak PKK Kabupaten Tanggamus akan mencoba membantu dan saling sharing, siapa tahu kami dapat mempromosikan dan mengajak para ahli di bidangnya untuk memberikan pelatihan dan menambah wawasan keilmuan dari usaha-usaha yang telah dijalankan," katanya.

Sebelum acara dimulai, Helen Veronica beserta Jajarannya mengunjungi salah satu pengrajin rajut, Dita Silvia di Pekon Datarajan Kecamatan Ulubelu.(*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos