Anies Baswedan akan Bangun Kereta Double Track Lampung-Palembang

img
Anies Baswedan saat memaparkan rencana kereta api double track Lampung-Palembang. Foto: Ikhsan.

MOMENTUM, Bandarlampung -- Calon presiden (capres) nomor urut satu, Anies Rasyid Baswedan, akan membangun kereta double trarc atau jalur ganda Bakauheni - Tanjungkarang - Kertapati.

Dalam dialong kebangsaan di Universitas Malahayati, Bandarlampung, Kamis 7 Desember 2023, Anies menyatakan perlu ada peningkatkan sarana transportasi dalam kota maupun antarkota.

"Kami melihat Lampung perlu ada peningkatan transportasi dalam kota dan transportasi antar kota yang lebih baik. Untuk itu, Insyaallah kami akan menghadirkan transportasi umum yang bisa menjangkau seluruh wilayah Lampung," kata Anies.

Baca Juga: Teriakan Anies Presiden, Menggema di Malahayati

Dia mengatakan, salah satu sarana transportasi yang perlu ditingkatkan adalah angkutan kereta api jalur ganda dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan hingga Palembang.

"Ini namanya, kereta double track. Kereta ini akan melakukan pemberangkatan perdana pada 17 Agustus 2025 dengan rute Bakauheni, Tanjungkarang, Palembang," urainya sembari menunjukan gambar di layar.

Menurut Anies, pentinya membangun transportasi umum di Lampung karena jumlah penduduknya lebih banyak tinggal di perkotaan. 

"Berdasarkan data di tahun 2009 itu persentase masyarakat yang tinggal di desa itu lebih sedikit dari yang tinggal di kota, ada 56 persen penduduk yang tinggal di kota," kata dia. 

"Maka atas dasar itu, jika kota-kota ini tidak membangun transportasi umum bisa dipastikan akan terjadi kemacetan lalu lintas yang luar biasa," sambungnya. 

Dia mengatakan, perkiraan pada 2045 nanti, masyarakat yang tinggal di kota akan mencapai 75 persen, sehingga transportasi massal seperti kereta Double Track tersebut dinilai penting.

"Kami perkirakan tahun 2045 masyarakat yang tinggal di kota akan mencapai 75 persen. Bisa dibayangkan jika tidak ada transportasi umum dan semua penduduk di kota menggunakan kendaraan pribadi maka akan terjadi pengeluaran yang besar bagi setiap masyarakat dan juga memakan waktu yang lama karena kondisi jalan yang macet,"  terangnya.

Menurut Anies, suasana yang ada dalam kereta itu akan membangun pula rasa persatuan antarwarga. Dia menganggap, suasana seperti itu tidak bisa dihadirkan jalan tol yang hanya dinikmati warga pemilik mobil. 

"Doakan tanggal keberangkatannya itu tiketnya untuk tanggal keberangkatan 17 Agustus 2025," ujar Anies saat menerangkan contoh tiket kereta di layar.

Anies memulai rangkaian kampanye di Lampung dengan berdialog bersama peternak dan mahasiswa PKL peternak muda di PT Indo Prima Beef. 

Kemudian usai dialog kebangsaan di Universitas Malahayati, Anies akan menghadiri Desak Anies yang diikuti kalangan anak muda di Bento Kopi Sukarame. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos