Dinas PPPA Mesuji Bimtek Ekonomi Kreatif untuk Ibu Rumah Tangga

img
Dinas PPPA Kabupaten Mesuji saat membuka bimtek pelatihan para ibu-ibu rumah tangga.

MOMENTUM, Mesuji -- Pemerintah Kabupaten Mesuji menggelar Bimtek Ekonomi Kreatif yang dikuti ibu rumah tangga dalam upaya mencegah stunting. Kegiatan ini berlangsung di Desa Simpangpematang, Jumat 29 Desember 2023.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Mesuji Sripuji Haryanti Hasibuan, mengatakan kegiatan itu diikuti 64 ibu rumah tangga dari 16 desa se-Kabupaten Mesuji.

Tujuan bimtek, agar ibu rumah tangga memiliki keterampilan yang menjadi sumber pendapatan, lebih mandiri, dan ke depan bisa menjadi pelaku usaha, kata Sripuji.

Sripuji menjelaskan, dalam peningkatan kualitas keluarga, pembangunan pemberdayaan dan perlindungan anak sangat penting. Untuk itu, pemerintah membantu melaksanakan peningkatan kualitas keluarga secara berjenjang sampai tingkat desa. Menciptakan perempuan berdaya, membantu perekonomian keluarga dan mewujudkan kesetaraan gender.

Sebelumnya Pemkab Mesuji telah menerima penghargaan Pengarusutamaan Gender berupa Parahita Ekapraya 2023. "Penghargaan ini menjadi motivasi kami mengajak ibu-ibu mengembangkan usaha baik perorangan/kelompok," katanya. 

Pada bagian lain, dia mengatakan, penyebab kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT,  adalah ketidakberdayaan kaum perempuan. "Kami berharap desa dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat khususnya perempuan dan anak," katanya.

Hadir dalam kegiatan bimtek, narasumber pelaku UMKM kecamatan Simpang Pematang, Reniyanti pemilik Azka Cakes and Catering dari Desa Simpang Mesuji, Aminah dari Tulangbawang. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos