KPU Pringsewu Gelar TOT untuk Fasilitator PPK dan PPS

img
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pringsewu gelar Training of Trainer (TOT) dengan peserta seluruh fasilitator Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten.

MOMENTUM, Pringsewu -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pringsewu menggelar training of trainer (TOT) kepada seluruh fasilitator Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024 se-Kabupaten Pringsewu.

Kegiatan untuk mempersiapkan trainer dalam kegiatan bimbingan teknis bagi kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) itu berlangsung dua hari, 21-22 Januari 2024.

Ketua KPU Kabupaten Pringsewu Sofyan Akbar Budiman mengatakan, kegiatan tersebut untuk mempersiapkan fasilitator PPK dan PPS agar maksimal saat bimtek di tingkat pekon atau desa.

KPU Kabupaten Pringsewu berkomitmen meningkatkan kapasitas dan kualitas para penyelenggara pemilu baik di tingkat Kecamatan maupun di tingkat desa.

Narasumber yang dihadirkan, Sekretaris KPU Ari Mulando, anggota KPU Sulaiman, Juniantama, Saefudin dan Eliyasari serta para kasubag di KPU seperti Untung Alvindra, Tedi dan Lola.

Meterinya antara lain tentang cara penghitungan suara mulai dari tahapan persiapan penghitungan suara, pelaksanaan penghitungan suara dan penghitungan suara ulang, lanjutan dan susulan. Ada juga materi terkait sistematika pemungutan suara.

Dalam materi ini dijelaskan proses dan tahapan pemungutan suara, pemungutan suara ulang, pemungutan suara di TPS lokasi khusus. Serta materi lain terkait tata kerja, kode etik dan kode perilaku bagi KPPS. 

Sekretaris KPU Kabupaten Pringsewu Ari Mulando menambahkan, kegiatan ini bertujuan mempersiapkan penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2024, terutama dari sisi kesiapan teknis, partisipasi masyarakat dan logistik.

Dia meminta melalui kegiatan tersebut maka agar PPK dan PPS se-Kabupaten Pringsewu selalu menjaga soliditas, integritas dan sinergitas antar penyelenggara pemilu agar gelaran Pemilu serentak 2024 bisa berjalan lancar dan sukses.

“Harapannya agar setelah bimtek ini semua penyelenggara pemilu mulai PPK dan PPS mendapatkan pemahaman yang cukup terkait tupoksi dan bisa lancar serta sukses menyelenggarakan pemilu di wilayah kerja masing-masing,”harap Ari Mulando. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos