Dekranasda Tanggamus Diharapkan Jadi Penggerak Kerajinan Daerah

img
Pengukuhan Pengurus Dekranasda Kabupaten Tanggamus periode 2024-2025, di Kotaagung, Senin 27 Mei 2024. Foto. Ist.

MOMENTUM, Kotaagung -- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Tanggamus diharapkan menjadi penggerak bagi pengembangan kerajinan dan makin dikenal secara nasional.

Karena itu, pengurus dan anggota Dekranasda harus bisa melakukan berbagai terobosan, sekaligus meningkatkan kemampuan dan keterampilan para pengrajin. Sehingga dapat memberikan sumbangsih dalam pembangunan daerah yang berbasis ekonomi kreatif. 

Demikian disampaikan Penjabat Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsan pada pengukuhan Pengurus Dekranasda Kabupaten Tanggamus periode 2024-2025, di Kotaagung, Senin 27 Mei 2024.

"Bahkan kalau memungkinkan, melakukan proteksi terhadap karya-karya pengrajin. Dengan terus menyosialisakan slogan “mencintai produk dalam negeri” kepada seluruh masyarakat, agar produk produk kerajinan masyarakat tidak menjadi tamu di daerahnya sendiri," kata Mulyadi. 

Sejalan dengan salah satu tujuan Dekranasda yakni menggali, mengembangkan, dan melestarikan warisan budaya bangsa, serta membina penerapan dan penggunaan teknologi baru. Muladi berharap Dekranasda Tanggamus dapat mengambil perannya terkait hal tersebut. Sekaligus sebagai katalisator, pemerhati dan memperjuangkan kepentingan pengusaha kecil, dan pengrajin dengan semangat kewiraswastaan.

Selai itu, Mulyadi mengatakan, Kabupaten Tanggamus masih memerlukan promosi potensi kerajinan. Karena itu, kerjasama promosi antara pengrajin dan Pemerintah Kabupaten Tanggamus agar dijalin dengan baik. 

Perajin harus mau memulai untuk lebih mandiri dalam promosi, tidak hanya menggantungkan dari kegiatan kegiatan pemerintah. Sinergitas antara Pemerintah Kabupaten, Dekranasda dan perajin diharapkan mampu mengangkat dan mempromosikan kerajinan daerah Tanggamus.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Tanggamus, Hellen Veranica Mulyadi, mengatakan pengukuhan hari ini merupakan penyegaran. Para pengurus diharapkan dapat bertanggung jawab sesuai dengan bidang yang ditugaskan, dan bekerja sama dinas/instansi terkait.

Dia berpesan, pengukuhan hari ini diikuti kaum milenial, diharapkan bisa bekerja dengan baik dengan para seniornya. Tidak malu untuk belajar dan terus belajar dan tetap melakukan pendampingan terhadap pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Tanggamus.

Harapannya semoga Dekranasda kabupaten Tanggamus lebih berjaya lagi lebih sukses lebih mampu menjadi wadah bagi pelaku pelaku UMKM untuk menitipkan barang barang mereka pastinya yang sudah di dekorasi dari kami tim dekra.  (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos