Wabup Tanggamus Buka Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan

img
Wakil Bupati Hi. Samsul Hadi memberikan sambutan pada Sosialisasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) ketenagakerjaan. Foto Endays

Harianmomentum.com-- Wakil Bupati (Wabup) Tanggamus Hi. Samsul Hadi membuka Sosialisasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) ketenagakerjaan bekerjasama dengan Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten setempat. Kegiatan berlangsung di Aula Gedung Kopi, Pekon Gedung Agung, Kecamatan Pulau Panggung, Kamis (14/12).


 

Wabup menyampaikan, BPJS adalah badan hukum publik yang berfungsi menyelenggarakan Program jaminan sosial bagi seluruh penduduk Indonesia.


 

Ia melanjutkan sesuai UU No 24 tahun 2011 tentang BPJS, BPJS Ketenagakerjaan merupakan Transformasi dari PT. Jamsostek (Persero) terbentuk seiak 1 januari 2014 dan mulai beroperasi 1 juli 2015.


 

Wabup menjelaskan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan merupakan kewajiban perusahaan pemberi kerja dan hak para pekerja.


 

Dengan memasukkan pekerja dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan, maka resiko kerja dialihkan kepada BPJS ketenagakerjaan. 


 

"Untuk seluruh pelaku usaha disektor formal maupun informal untuk memberikan perlindungan sosial kepada para pekerjanya dengan mendaftarkan ke BPJS ketenagakerjaan," harapnya.


 

Ia menambahkan, Tanggamus dengan wilayah yang luas dan di dominasi dengan tenaga kerja perkebunan, sehingga perlunya melindungi tenaga kerja, tanpa memandang status hubungan kerjanya, apakah tenaga kerja kontrak ataupun buruh harian lepas. Semuanya Wajib dilindungi dalam Program BPJS Ketenagakerjaan. 


 

"Ada empat program BPJS Ketenagakerjaan diantaranya jaminan kecelakaan kerja, kematian, hari tua, dan jaminan pensiun," kata Samsul.


 

Sementara itu Kepala Bidang Ketenagakerjaan Aprida Susanti menerangkan, bahwa semua tenaga kerja harus dilindungi sesuai dengan UU nomor 13 tahun 2003, karena itu pokok tentang ketenagakerjaan salah satunya perlindungan.


 

"Jadi seluruh pimpinan pengusaha harus melindungi pekerja,  dengan mendaftarkan seluruh para pekerja ke BPJS ketenagakerjaan," terang Aprida.


 

Ia menambahkan peserta yang mengikuti sosialisasi BPJS ketenagakerjaan berjumlah 130 orang dari berbagai pengusaha yang ada di tanggamus. 


 

"Ya diikuti oleh perusahaan yang memiliki badan hukum seperti PT atau CV dan usaha perseorangan seperti toko," terangnya. 


 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Disnaker Tanggamus Drs. A Dasmi, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang  Bandarlampung Heri Subroto, Camat dan Kepala pekon Pulau Panggung. (day)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos