Pj Gubernur Lampung Hadiri Pemusnahan Ratusan Kilogram Narkoba

img
Penjabat Gubernur Lampung Samsudin dan Kapolda Irjen Polisi Helmy Santika saat pemusnahan ratusan kilogram narkoba di Polda Lampung. Foto. Ist.

MOMENTUM, Bandarlampung -- Polda Lampung memusnahkan narkoba sebanyak 147,04 Kg sabu dan 56,1 Kg ganja hasil pengungkapan kasus selama Januari-Mei dan Operasi Antik 2024.

Pemusnahan barang bukti itu berlangsung di Gedung Serba Guna Presisi, Mapolda Lampung, Kamis 27 Juni 2024. Dihadiri  Penjabat Gubernur Lampung Samsudin dan Kapolda Irjen Polisi Helmy Santika.

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Samsudin menilai, pemusnahan narkoba ini menandai langkah besar dalam upaya memerangi peredaran narkotika.

“Saya menyampaikan apresiasi yang tulus kepada seluruh jajaran kepolisian yang telah bekerja keras dalam operasi ini, serta kepada semua pihak yang terlibat dalam proses ini,” ujar Samsudin.

Pemusnahan barang bukti narkotika hari ini, jelas Pj. Gubernur, bukan sekadar menghilangkan barang-barang berbahaya dari peredaran. Tetapi juga merupakan simbol dari keputusan tegas pemerintah dan kepolisian dalam memberantas narkotika di Lampung.

“Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada tempat bagi narkotika di masyarakat Lampung, dan bahwa pemerintah serta aparat keamanan siap bertindak secara tegas demi melindungi keamanan dan kesejahteraan seluruh masyarakat,” jelasnya.

Samsudin mengajak semua pihak untuk terus bersinergi dan menguatkan tekad untuk menciptakan Lampung yang bebas dari narkotika, Lampung yang aman, sehat, dan produktif bagi seluruh masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Kapolda Lampung Helmy Santika menyampaikan, sebanyak 147,04 Kg sabu dan 56,1 Kg ganja adalah barang bukti ini hasil pengungkapan kasus selama Januari-Mei dan Operasi Antik 2024.

Helmy mengatakan, deretan ungkap kasus ini hasil meringkus 49 tersangka dari total 19 kasus peredaran gelap narkotika.

Helmy menyampaikan jumlah barang bukti yang disita memiliki nilai ekonomis sebesar Rp220 miliar. Dari barang bukti tersebut, diperkirakan sebanyak 625.040 jiwa berhasil diselamatkan.

“Polda Lampung berkomitmen untuk terus melakukan penyelidikan dan pengembangan lebih lanjut guna mengungkap jaringan narkotika yang lebih luas dan menangkap pelaku lain yang terlibat,” ujar Kapolda.

Kegiatan pengungkapan dan pemusnahan ini merupakan bentuk bagian dari tanggung jawab Kepolisian Daerah kepada masyarakat. (Adpim)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos