Mighrul Lappung Bersatu untuk Lestarikan Bahasa Lampung

img
Pengurus Mighrul Lappung. Foto. Novita.

MOMENTUM, Bandarlampung -- Bahasa merupakan salah satu kebudayaan yang menjadi ciri khas suatu daerah. Bahasa daerah yang hilang, dapat menjadi ancaman hilangnya suatu warisan lokal, kultural, dan spritual. 

Untuk menjaga dan melestarikan Bahasa Lampung,  yang menjadi alasan terbentuknya DPP Mighrul Lappung Bersatu. 

Dwita Ria Gunadi, Ketua Umum Mighrul Lappung Bersatu, mengatakan, lembaga yang dibentuk memiliki program melestarikan dan mempertahankan bahasa Lampung.

"Menjadi tugas kami sebagai Mighrul untuk mengajak anak-anak dan cucu kita untuk kembali berbahasa Lampung," jelasnya, didampingi tokoh budaya Lampung, Andy Achmad. 

Untuk menguatkan program kerja terealisasi, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan Universitas Lampung bagian bahasa, instansi pemerintah, dan mitra terkait. 

Agar Bahasa Lampung digunakan dalam kehidupan sehari-hari, Ria Gunadi berharap. Dinas Pendidikan, dan Kebudayaan menjalankan kurikulum lokal aksara Lampung.

"Saya mengharapkan pemerintahan ke depan, mewajibkan menggunakan Bahasa Lampung. Misalnya setiap hari Jumat, agar orang-orang selain suku Lampung dapat mengenal Bahasa Lampung," katanya. 

Selain itu, dia berharap, kepengurusan Mighrul Lappung Bersatu bisa terbentuk di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Lampung. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos