Pj Gubernur Lampung Buka Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka

img
Penjabat (Pj) Gubernur Lampung Samsudin membuka Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka (Peransaka) di Utama Graha Bhakti Pramuka Kwartir Daerah Lampung, Rabu 24 Juli 2024. Foto. Ist.

MOMENTUM, Bandarlampung -- Penjabat (Pj) Gubernur Lampung Samsudin membuka Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka (Peransaka) Daerah Lampung di Lapangan Utama Graha Bhakti Pramuka Kwartir Daerah Lampung, Rabu 24 Juli 2024.

Pj Gubernur yang juga Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Lampung, mengatakan kegiatan ini momen istimewa yang berguna untuk memperkuat persaudaraan, menambah pengetahuan, pengalaman, dan mengembangkan potensi diri. 

Gerakan Pramuka menyelenggarakan berbagai kegiatan yang terus dikembangkan sesuai dengan perubahan zaman dan kebutuhan peserta didik yang merupakan generasi penerus bangsa untuk menyambut masa keemasan tanah air, Indonesia Emas Tahun 2045. 

Kegiatan kepramukaan selalu berkaitan dengan nilai-nilai pengembangan mulai dari kegiatan perkemahan, kursus, kompetisi, persidangan/musyawarah, mulai dari tingkat ranting hingga nasional. Salah satu kegiatan yang menjadi sarana dalam pengembangan peserta didik secara konkret adalah kegiatan Satuan Karya. 

Perkemahanan Antar Satuan Karya Pramuka merupakan ajang pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang menjadi anggota Satuan Karya Pramuka, kegiatan perkemahan yang diselenggarakan oleh kwartir di wilayahnya. 

Dia menyebutkan salah satu elemen penting dalam Gerakan Pramuka adalah Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega karena merekalah generasi muda yang akan meneruskan estafet kepemimpinan bangsa Indonesia. 

Dalam rangka meningkatkan watak, mental, dan keterampilan yang baik bagi generasi muda, maka Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Lampung berinisiatif menyelenggarakan pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Lampung dalam ajang bergengsi lima tahunan, Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka (Peran Saka) Daerah Lampung Tahun 2024. 

Peran Saka merupakan wadah bagi pramuka penegak dan pandega Lampung untuk mempererat persaudaraan dalam berbagai aktivitas yang inovatif, kreatif, edukatif dan produktif dalam bentuk perkemahan. 

Menurut Samsudin, generasi Pramuka Lampung mempunyai sinergi untuk melakukan kolaborasi, menyukai tantangan dan persahabatan. Untuk mencapai tujuan yaitu membina persaudaraan dan persatuan Pramuka penegak dan pandega Lampung yang dapat membentuk watak dan pengembangan keterampilan sebagai bekal kehidupan bermasyarakat. 

Peran Saka Daerah Lampung pada 2024 diikuti 521 peserta yang terdiri atas  Kwartir Cabang se-Kwartir Daerah Lampung, Pimpinan Kontingen Cabang se-Kwartir Daerah Lampung, dan Bindamping Cabang se-Kwartir Daerah Lampung. 

"Saya berharap kiranya kakak-kakak dan adik-adik dapat menyukseskan kegiatan Peran Saka Daerah Lampung ini yang telah dilaksanakan sedari tanggal 23 Juli 2024 hingga nanti ditutupnya kegiatan pada tanggal 27 Juli 2024," katanya.

Pramuka bukan hanya sekadar organisasi, tetapi juga merupakan sebuah gerakan yang memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan moral generasi muda. 

"Melalui kegiatan-kegiatan seperti ini, kita akan belajar nilai-nilai seperti kepemimpinan, kerja sama, tanggung jawab, kreativitas, dan masih banyak lagi. Semua nilai-nilai ini akan membantu kita menjadi pribadi yang lebih baik dan siap menghadapi masa depan," lanjutnya.

Oleh karena itu, dia mengajak kepada para peserta untuk menjalani kegiatan dengan semangat yang tinggi, sikap yang positif, dan tekad yang kuat untuk meraih prestasi yang terbaik. 

"Mari kita menjadi contoh yang baik dan terus berkontribusi positif untuk negara kita, Indonesia. Selamat dan semangat dalam mengikuti Peran Saka Daerah Lampung ini, semoga kita semua dapat meraih kesuksesan dan mengukir kenangan yang tak terlupakan," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Sangga Kerja Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka Peransaka Daerah Lampung, Arif Kesuma Yudha menyebutkan, Peransaka diharapkan dapat menjadi wadah pengembangan diri yang komprehensif bagi para peserta, sekaligus memperkuat peran Pramuka dalam pembangunan karakter generasi muda dan kemajuan Provinsi Lampung. (***)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos