Peningkatan Investasi Dorong Pertumbuhan Ekonomi Lampung

img
Fiskara Indrawan, Econom Senior Bank Indonesia (BI) Lampung dalam bincang-bincang bersama media di Kantor Perwakilan BI Lampung, Kamis (8-8-2024).

MOMENTUM, Bandarlampung--Perekonomian Provinsi Lampung triwulan II 2024 mengalami kenaikan 4,80% (yoy) dari sebelumnya 3,30% (yoy).

“Kinerja Perekonomian Lampung pada triwulan II 2024 tumbuh meningkat, terutama didukung oleh tetap terjaganya kinerja konsumsi rumah tangga dan peningkatan investasi,” kata Fiskara Indrawan, Econom Senior Bank Indonesia (BI) Lampung dalam bincang-bincang bersama media di Kantor Perwakilan BI Lampung, Kamis (8-8-2024).

Fiskara menjelaskan Perekonomian Global 2024 diperkirakan akan mengalami peningkatan pertumbuhan AS dan Eropa, sedangkan pertumbuhan Tiongkok diperkirakan belum cukup kuat uang dipengaruhi oleh lemahnya permintaan domestik.

Selanjutnya, Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Lampung Rinvayanti menyampaikan upaya yang telah dilakukan oleh Pemprov untuk mengendalikan inflasi daerah.

“Dengan melakukan pemantauan harga bahan pangan dan bahan pokok lainnya di 15 kabupaten/kota juga menggelar operasi pasar murah yang bersubsidi,” ucap Rinvayanti.

Selain itu, pemprov juga memberikan bantuan sosial sembako seperti PKH (program keluarga harapan) dan bersama Satgas Pangan melakukan monitoring harga dan ketersediaan pada distributor dan pasar.

Dan upaya lain seperti, me-launching Toko Pengendalian Inflasi dan Mobil dan Transportasi Operasi Pasar (TOP).

“Kendaraan TOP jika tidak memiliki kegiatan tentu akan stand by di BUMD milik Pemerintah Provinsi Pemprov (Wahana Raharja),” tuturnya.

Kegiatan itu turut dihadiri, Kepala Kpw Bank Indonesia Provinsi Lampung Junanto Herdiawan, Senior Ekonomi Kpw BI Provinsi Lampung Fiskara Indawan, Deputy Direktur Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Lampung Subarkah, Kepa unit pengelolaan uang rupiah Kpw BI Provinsi Lampung Hendra Irawan dan Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Lampung Rinvayanti.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos