Biaya Mandiri, Pecatur PON Lampung Juara Turnamen Internasional

img
Dua Pecatur Putri Lampung: Rida Mutiani dan Vioren Carissa berhasil meraih peringkat pertama dan ketiga di turnamen catur Fide Rating Internasional

MOMENTUM, Jakarta--Meski berangkat dengan biaya mandiri, para Pecatur putri Lampung: Rida Mutiani dan Vioren Carissa berhasil mengukir prestasi membanggakan di turnamen internasional yang berlangsung di Jakarta, 9-11 Agustus 2024.

Turnamen bertajuk Fide Rating Internasional itu diikuti para pecatur dari tujuh negara: Indonesia, Malaysia, Belgia, German, Uzbekistan, Singapura dan Filipina.

Di turnamen yang menjadi ajang pemanasan sebelum berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI itu, Rida Mutiani keluar sebagai juara pertama setelah meraih poin 5 dari tujuh babak. Sedangkan Vioren Carissa yang mencatat poin 4.1/2 dari tjuh babak, berhasil menempati peringkat ketiga.

"Di babak terakhir Rida Mutiani mengalahkan atlet PON Jawa Tengah. Sedangkan Vioren di babak terakhir mengalahkan atlet Kalimatan Selatan," kata pelatih tim catur putri Lampung MN (Master Nasional) Ricky Rismanto.

Selain Rida dan Vioren, di turnamen tersebut, tim Lampung juga menurunkan dua pecatur lainya: MN Aulia Putri Nabila dan Arlisa Sepvita. 

"Secara teknis, Aluia dan Arlisa tidak kalah. Namun, ada faktor nonteknis yang membuat keduanya belum bisa meraih hasil maksimal di turnamen ini," terangnya    

Meski demikian, menurut Ricky, hasil turnamen tersebut bisa menjadi gambaran peluang tim catur Lampung meraih medali di PON XXI yang akan dihelat di Provinsi Sumatera Utara dan Aceh, bulan September 2024.

"Di PON nanti kita akan turun di nomor beregu putri. Alhamdulillah kita masuk unggulan tiga besar. Jadi kans untuk meraih medali di PON sangat terbuka," ungkapnya. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos