81 Ribu KPM di Kabupaten Tanggamus Terima Bantuan Pangan

img
Penjabat Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsan salurkan bantuan pangan di Rantautijang, Kecamatan Pugung, Kamis 15 Agustus 2024. Foto. Ist.

MOMENTUM, Pugung -- Bantuan pangan tahap ketiga tahun 2024 di Kabupaten Tanggamus disalurkan kepada lebih dari delapan puluh satu ribu (81.374) keluarga penerima manfaat (KPM). 

Penyaluran bantuan pangan beras tersebut, secara simbolis dilakukan Penjabat Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsan di Rantautijang, Kecamatan Pugung, Kamis 15 Agustus 2024.

Dalam sambutannya, Mulyadi mengatakna, salah satu bentuk komitmen pemerintah dalam mendukung ketersediaan pangan adalah melalui pengelolaan cadangan pangan.

Penerima bantuan pangan adalah masyarakat miskin dan/atau keluarga yang mengalami rawan pangan dan gizi. Menurut Mulyadi, cacangan pangan beras didistribusikan kembali untuk Agustus, Oktober dan Desember 2024.

Perpanjangan penyaluran cadangan pangan Pemerintah, adalah program nasional. Sebagai upaya menanggulangi kemiskinan ekstrim, kerawanan pangan dan gizi, menjaga stabilitas harga, dan pengendalian inflasi.

Penyaluran bantuan pangan tahap I dan II, telah dilakukan pada 29 Januari dan 14 Mei 2024. Pada 15 Agustus 2024, di Kabupaten Tanggamus, penyaluran tahap III kepada 81.374 KPM (keluarga penerima manfaat).

Penyaluran bantuan pangan, dilakukan pemerintah daerah bekerja sama dengan Bulog dan Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung.

Penyaluran bantuan pangan dilaksanakan kantor Pos Indonesia dari gudang Bulog Kecamatan Ambarawa Kabupaten Pringsewu.

Kepala Dinas KPTPH Kabupaten Tanggamus, Catur Agus Dewanto mengatakan, penyaluran pangan bertujuan penanggulangan kekurangan pangan yang dapat berdampak pada krisis pangan dan gizi. Juga, pengendalian inflasi, serta melindungi produsen dan konsumen dari dampak fluktuasi harga.

Penerima bantuan pangan di Kabupaten Tanggamus, sebanyak 81.374 keluarga yang tersebar di 20 kecamatan terdiri dari 299 pekon dan tiga kelurahan. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos