Ribuan Warga Mesuji Meriahkan Pawai Budaya HUT ke-79 RI

img
Pawai Budaya di Kecamatan Tanjungraya, Kabupaten Mesuji. Foto. Ari.

MOMENTUM, Mesuji--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji menggelar pawai budaya untuk memeriahkan peringatan HUT ke-79 RI di Kecamatan Tanjungraya, Kabupaten Mesuji, Ahad 18 Agustus 2024.

Pawai bertemakan Fantasi Nusantara, Mesuji Berbudaya tersebut, dihadiri Penjabat (Pj) Bupati Mesuji Febrizal Levi Sukmana, Sekretaris Daerah Syamsudin, Kapolres Mesuji AKBP Muhammad Harris, Ketua DPRD Mesuji Elfianah, Danramil 426-01/SP Mayor Inf Sutoto, Forkopimda dan seluruh kepala sekolah SD, SMP , SMA dan SMK sederajat.

Penjabat (Pj) Bupati Mesuji Febrizal Levi Sukmana menyampaikan, saya mengajak momen memperingati HUT RI ke-79 dapat memupuk kebersamaan dan jiwa nasionalisme.

"Sesuai dengan tema Nusantara Baru Indonesia Maju, mari kita bersama saling mendukung pembangunan dan pengembangan sumber daya manusia menuju Mesuji yang aman dan damai," ungkapnya.

Ketua DPRD Kabupaten Mesuji Elfianah menyampaikan jika Mesuji merupakan kabupaten baru. Karena itu, dalam pembangunannya masih banyak yang perlu diperhatikan.

"Untuk itu momentum kemerdekaan ini mari kita bersama memupuk semangat dalam memajukan Kabupaten Mesuji yang kita cintai," terang Elfianah.

Sementara itu, Kepala Disdikbud Kabupaten Mesuji Andi S Nugraha menjelaskan,gelaran Pawai Budaya ini diikuti oleh kurang lebih 5000 lebih peserta.

"Tentu kami tidak menyangka yang mengikuti Pawai Budaya ini antusias nya sangat luar biasa sampai tembus kurang lebih 5000 lebih peserta," ujarnya.

Andi menyebut peserta Pawai Budaya yang ikut memeriahkan terdiri dari pelajar, ormas dan masyarakat.

Namun, ungkapnya peserta Pawai Budaya didominasi oleh kalangan pelajar.

Dikatakan Andi start Pawai Budaya dimulai dari SMA Negeri 01 Tanjung Raya, sedangkan garis finish nya ada di Desa Brabasan atau lebih tepatnya di depan Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Mesuji.

Dari perhitungannya, jarak yang ditempuh dalam kegiatan Pawai Budaya berkisar 1,4 km.

"Alhamdulillah, kegiatan Pawai Budaya berjalan sukses dan meriah serta antusias ribuan masyarakat. Termasuk kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan yang berjalan lancar dan aman. 

Dia berharap semangat kebersamaan dan kecintaan terhadap budaya lokal semakin mengakar kuat di tengah masyarakat Mesuji, serta menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus melestarikan warisan budaya bangsa", jelasnya. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos