MURI Catat Rekor Pembentangan Kain Sasirangan Terpanjang

img
SIMBOL KEBERANIAN: Pagelaran Tari Mandau Talawang yang menggambarkan keberanian dan kemahiran para wanita suku dayak memainkan senjata mandau, dalam even Meratus Geopark Great Culture Carnival di kompleks Kantor Gubernur Kalimantan Selatan, Senin 20 Agustus 2024 (Foto by Agung Darma Wijaya)

MOMENTUM, Banjarmasin--Museum Rekor Indonesia (MURI) mencatatkan rekor pembentangan kain sasirangan terpanjang.

Pencatatan rekor itu berlangsung dalam Great Culture Carnival

Sasirangan kain tradisional Kalimantan Selatan sebagai bentang kain tradisional terpanjang di indonesia.

pencapaan spektakuler Pemrov Kalimantan Selatan ini di lakukan dalam Kegaiatan karnival yang mengambil tema meratus geopark great culture carnival.

Hal ini dikatakan Yusuf Ngadri Direktur Oprasional MURI dikatanya bentang kain tradisional sesirangan di bentangkan sepanjang 5,7 Kilometer dengan melibatkan 6000 orang yang terlibat dalam pembentangan kaiin ses yang dilakukan di jalan dalam komplek Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan,Banjar Baru, selasa(20/0824)

"pencatatan rekor Muri kain tradisiinal sasirangan ini bukan memecahkan rekor sebelumnya, tapi adalah pencatan rekor baru,"terang Yusuf Ngadri.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Lingkungan Hidup yang menjadi motor kegiatan meratus geopark Great culture carniva Hanifah dalam sambutamya mengatakan kegiatam pencatatan rekor Muri kain tradisional Sesaringan di Musium Rekor Indonesia adalah sebagai upaya merawat warisan Budaya leluhur dan Budaya.

"moment ini menjadi special karena berbarengan dengan Pelaksanaan Pekan Olah Raga Wartawan Nasional(Porwanas) dan rangkaian peringatan Hari jadi Kalimantan Selatan,"terangnya.

Tampak hadir dalam rangkaian karnival yang mengusung tema  meratus geopark great culture carnival Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dakernasda) Provinsi Kalimantan Selatan Roudatul Jannah atau oleh masyarakat tempatan akrab di sapa acil odah, Kepala daerah dan walikota di wilayah Provinsi Kalimantan selatan, Pengurus Persatuan Wartawan Indonisia(PWI) serta Forkompinda Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos