Dermaga Apung Pulau Pisang Diperbaiki Setelah 10 Bulan Rusak

img
Dermaga Apung Pulau Pisang. Foto Agung Sutrisno

Harianmomentum.com--Setelah mengalami kerusakan sejak Februari atau sejak 10 bulan lalu, kini dermaga apung di Kecamatan Pulau Pisang, Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) diperbaiki oleh Dinas Perhubungan (Dishub). Perbaikan dianggarkan dalam APBD Perubahan 2017.

 

Kabid Laut dan Udara Agung Adha,  mengatakan saat ini perbaikan dermaga apung di Kecamatan Pulau Pisang tersebut telah memasuki tahap finishing.

 

"Perbaikan ini sempat terkendala, karena seharusnya diperbaiki oleh rekanan yang membangunnya. Namun,  karena lamban sehingga tidak dikerjakan, baru pada APBD Perubahan kita lakukan perbaikan dengan anggaran Rp200 juta," kata dia, Minggu (24/12).

 

Sebagai antisipasi kerusakan kembali, pihaknya pada APBD tahun 2018, telah menyiapkan dana pemeliharaannya. Sehingga apabila kembali rusak bisa langsung diperbaiki.

 

“Kerusakand ermaga apung itu diakibatkan oleh terjangan angin barat, sehingga lantai dermaga mengalami kerusakan, dan lambat laun lantai dermaga tersebut hancur, untuk mengantisifasi kerusakan serupa kita telah menyiapkan anggaran pemeliharaannya,” terangnya.

 

Sementara itu, Ketua Apdesi Kecmaatan Pulau Pisang Ikammulhaq mengatakan perbaikan dermaga apung tersebut memang sudah diperbaiki, namun saat ini kondisinya tidak menyentuh pantai. Sehingga tidak bisa dimanfaatkan oleh nelayan maupun masyarakat.

 

“Akibat kondisi angin barat, sehingga pasir pantai mengalami pergeseran, sehingga berdampak pada dermaga apung itu, sebagai antisipasinya tentu bisa dilakukan penambahan komponen dermaga kembali,” kata dia. (asn)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos