Polres Tulangbawang Gelar Tes Kesemaptaan Jasmani Berkala

img

MOMENTUM, Mengngala--Polres Tulangbawang melakukan tes kesemaptaan jasmani (TKJ) berkala semester II tahun 2024 yang berlangsung pada Sabtu, 7 September 2024 di Lapangan Bhayangkara, Kelurahan Ujunggunung, Kecamatan Menggala.

TKJ berkala diikuti seluruh personel Polres Tulangbawang dan polsek yang berlangsung tiga hari. Untuk polres dilaksanakan hari ini, sedangkan polsek jajaran dilaksanakan selama dua hari, 9-10 September 2024.

"Hari ini, kami menggelar TKJ berkala semester II tahun 2024 yang dilaksanakan di Lapangan Bhayangkara samping Polsek Menggala. Untuk Polsek jajaran, TKJ berkala akan dilaksanakan selama dua hari yakni Senin dan Selasa," kata Kapolres Tulangbawang, AKBP James H Hutajulu, yang ikut langsung dalam kegiatan.

Lanjutnya, TKJ merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap enam bulan sekali, jadi dalam satu tahun hanya dilaksanakan selama dua kali dengan tujuan untuk melihat secara langsung kondisi fisik dan stamina dari masing-masing personel.

"Apabila fisik dan stamina tetap terpelihara dengan baik, tentunya personel Polres Tulangbawang dan Polsek jajaran bisa memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat di Kabupaten Tulangbawang yang berjuluk Sai Bumi Nengah Nyappur," katanya.

Kapolres menerangkan, dalam pelaksanaannya TKJ berkala dibagi menjadi dua Item yakni Item A dan Item B yang wajib diikuti oleh seluruh personel. Setiap item sudah ada personel yang ditunjuk sebagai panitia untuk melakukan penilaian secara langsung.

"Item A merupakan Lari selama 12 menit pada lintasan yang telah ditentukan, sedangkan Item B terdiri dari Pull Up, Push Up, Sit Up dan Shuttle Run (lari angka 8). Setelah mengikuti dua Item tersebut, panitia baru bisa melakukan penilaian terhadap personel yang mengikuti TKJ berkala," terang perwira dengan melati dua dipundaknya.

AKBP James menambahkan, hasil TKJ berkala akan dijadikan pertimbangan guna penempatan personel dalam berdinas karena apabila fisik dan stamina dari personel tersebut tidak mendukung, tentunya tidak akan ditempatkan dibagian operasional atau Polsek yang banyak membutuhkan tenaga dan fikiran. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos