Puluhan Pelaku Seni Kuda Lumping Bakal Ikuti Festival di Pringsewu

img
Ilustrasi-Festival Seni Budaya Kuda Kepang Kapolres Pringsewu 2024, pada 12 hingga 15 September 2024.

MOMENTUM, Pringsewu--Puluhan kelompok seni kuda kepang mengikuti Festival Seni Budaya Kuda Kepang Kapolres Pringsewu 2024, yang akan pentas pada 12 hingga 15 September 2024.

Kasat Binmas Polres Pringsewu AKP Mardiyono selaku ketua pelaksana festival menuturkan, tercatat sebanyak 51 grup seni budaya telah mendaftar  yang dibuka sejak 2 hingga 9 September 2024. 

"Dari jumlah itu meliputi  24 kelompok mewakili seni kuda kepang jenis Pegon, 24 kelompok jenis Banyumasan, dan 3 kelompok lainnya seni Reog Ponorogo,"jelasnya

Para peserta akan memulai penampilan mereka di Lapangan Polres Pringsewu dan setiap pertunjukan akan dinilai oleh juri profesional. "Festival ini juga menawarkan berbagai hadiah menarik serta uang tunai dengan total mencapai puluhan juta rupiah bagi para pemenang,”ucap AKP Mardiyono

Kasat Binmas Polres Pringsewu menjelaskan, festival akan digelar selama empat hari. Pada 12 dan 13 September,  dimulai pukul 15.30 WIB hingga 22.30 Wib. Sedang pada 14 September akan berlangsung dari pukul 09.00 WIB hingga 22.30 WIB. 

"Untuk hari terakhir pada 15 September, dimulai sejak pagi pukul 08.00 Wib hingga malam hari, ditutup dengan pengumuman pemenang dan pembagian hadiah,"terangnya.

Dia melanjutkan, acara juga akan dimeriahkan dengan sajian berbagai produk UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) yang berasal dari wilayah Pringsewu dan sekitarnya.

Mardiyono berharap partisipasi UMKM dalam festival ini dapat menjadi kesempatan emas bagi para pelaku usaha lokal untuk memperkenalkan produk mereka kepada khalayak luas, sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.

Selain itu, festival ini tidak hanya menjadi ajang seni budaya, tetapi juga sarana mempererat kebersamaan masyarakat Pringsewu. “Kami ingin acara ini menjadi momentum bagi masyarakat untuk saling bersilaturahmi, menjaga kerukunan, dan memperkuat solidaritas, terutama di tengah-tengah dinamika Pilkada serentak 2024,” ujar Mardiyono. 

Kasat Binmas mengharapkan, semoga  acara tersebut dapat menciptakan suasana yang damai dan kondusif, sejalan dengan semangat persatuan yang diusung oleh Polres Pringsewu. 

Dan gelaran Festival Seni Budaya Kuda Kepang Kapolres Pringsewu 2024 dapat menjadikan salah satu agenda tahunan yang tidak hanya menampilkan kekayaan budaya lokal, tetapi juga memperkuat identitas budaya masyarakat Pringsewu di tengah arus modernisasi.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos