Ratusan APK Dirusak, Tim Hukum Fauzi-Laras Lapor ke Bawaslu

img
Tim Bidang Hukum dan Advokasi pasangan clon bupati dan wakil bupati Pringsewu nomor urut 1, Fauzi dan Laras Tri Handayani melaporkan perusakan ratusan Alat Peraga Kampanye (APK) ke Bawaslu. Foto. Sulistyo.

MOMENTUM, Pringsewu -- Tim Hukum dan Advokasi Pasangan calon bupati dan wakil bupati Pringsewu nomor urut satu, Fauzi dan Laras Tri Handayani melaporkan perusakan alat peraga kampanye (APK) mereka ke Bawaslu setempat.

Tim hukum yang terdiri dari Falentinus Andi, Sigit Prihantoro, Hertanto Andanawarih dan Zeflin Erizal ke Kantor Bawaslu di Pekon Podomoro, Kecamatan Pringsewu pada Rabu 9 Oktober 2024 sekitar pukul 15.00 Wib. Diterima oleh Ketua Bawaslu Pringsewu Saprondi.

Falentinus Andi selaku Koordinator mengatakan, pihaknya ke Bawaslu guna memberitahukan dan melaporkan secara tertulis adanya perusakan APK milik pasangan nomor 1 Fauzi-Laras di sejumlah lokasi di sembilan kecamatan di Kabupaten Pringsewu.

"Kami juga melampirkan sejumlah  bukti foto-foto perusakan APK tersebut sebagai bukti aduan kami,"ucap Falentinus.

Untuk itu, pihaknya juga meminta kepada Ketua  Bawaslu untuk menyelediki dan menindak tegas pelaku perusakan APK tersebut, serta membuat statemen di media masa yang berisi mengingatkan kepada tim paslon lain dan masyarakat pada umumnya untuk tidak merusak APK pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pringsewu.

"Hal ini agar Pilkada di Kabupaten Pringsewu tercipta suasana yang  aman dan kondusif, nyaman dan tenang,"tegasnya.

Sedang Zeflin Erizal menuturkan, sekitar ratusan APK milik pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pringsewu nomor urut 1 Fauzi-Laras diduga sengaja dirusak oleh orang yang tidak bertanggung-jawab.

"Hampir di setiap kecamatan ada temuan yang diduga sengaja dirusak oleh orang yang tidak bertanggung-jawab dengan cara gambar paslon mayoritas di sobek menggunakan benda tajam sejenis pisau cater. Yang paling banyak ditemukan di Pekon Panggungrejo, Kecamatan Sukoharjo,"terangnya.

Zeflin Erizal meminta pihak Bawaslu kabupaten untuk lebih mengintensifkan kinerja anak buah dibawahnya seperti Panwaslu kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) melakukan pengawasan di lapangan lebih ketat."Saya yakin dengan pengawasan lebih ketat, kemungkinan kecil perusakan APK akan terjadi,"ujarnya.

Sementara Ketua Bawaslu Kabupaten Pringsewu Saprondi membenarkan pihaknya menerima kunjungan empat orang dari Tim Bidang Hukum dan Advokasi pasangan Calon Bupati Kabupaten Pringsewu nomor nomor urut 1 Dr. Fauzi dan Laras Tri Handayani guna memberitahukan adanya kerusakan APK milik paslon Fauzi-Laras.

"Nanti akan kami sampaikan secara resmi dua hingga tiga hari kedepan, terkait adanya laporan maraknya perusakan APK tersebut,"ucap Saprondi singkat. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos