Festival SIGER Fest, BI Lampung Ajak Masyarakat Cintai dan Bangga pada Rupiah

img
Kegiatan Festival Semarak Inspirasi dan Gebyar Edukasi Rupiah (SIGER Fest) di Kota Metro. (Foto: dok/BI Lampung).

MOMENTUM, Metro--Kedaulatan sebuah negara atau bangsa dapat tercermin dari kepemilikan mata uangnya sendiri.

Hal ini disampaikan Junanto Herdiawan, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, pada sambutannya saat pembukaan "Festival Semarak Inspirasi dan Gebyar Edukasi Rupiah (SIGER Fest)" yang berlangsung di Rumah Asisten Wedana, Kota Metro, sejak 4 hingga 13 Oktober 2024.

Junanto menegaskan Indonesia memiliki Rupiah melalui perjuangan dan pengorbanan para pendiri bangsa. 

"Oleh karena itu, masyarakat harus terus mencintai Rupiah," ujarnya, Kamis (10-10-2024).

SIGER Fest diadakan untuk mengampanyekan gerakan "Cinta Bangga Paham Rupiah" serta mempromosikan penggunaan QRIS kepada masyarakat luas. Dalam menjaga kedaulatan negara, Bank Indonesia terus berkomitmen untuk mendistribusikan uang Rupiah ke seluruh pelosok Indonesia, termasuk ke daerah terluar. Salah satu bentuk edukasi yang dihadirkan dalam festival ini adalah Museum Bank Indonesia yang menampilkan sejarah uang dan peran Bank Indonesia bagi masyarakat.

Senada dengan Junanto, Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Nita Ariastuti Muelgini, juga mengajak masyarakat untuk lebih memahami sejarah bangsa Indonesia melalui kunjungan ke Museum Bank Indonesia. 

"Dengan memahami sejarah uang dan perjuangan para pendiri bangsa, diharapkan masyarakat dapat lebih menghargai dan mencintai Rupiah," kata Nita.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kota Metro, Yeri Ehwan, mengapresiasi inisiatif Bank Indonesia dalam penyelenggaraan SIGER Fest. 

"Festival ini tidak hanya memberikan inspirasi terkait edukasi, namun juga meningkatkan literasi keuangan masyarakat. Diharapkan SIGER Fest memberikan pengetahuan yang berharga kepada para tenaga pengajar, siswa, dan masyarakat Kota Metro," ucapnya.

Turut hadir dalam pembukaan acara ini, Ketua Yayasan Mohammad Hatta, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro, Direktur Utama PT. Bank Lampung, serta tenaga pengajar dan siswa dari berbagai sekolah di Kota Metro. Pada kesempatan yang sama, Bank Indonesia juga menyerahkan bantuan berupa sarana pendukung aktivitas belajar kepada Kelompok Kerja Kepala Sekolah Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, dan Sekolah Menengah Pertama di Kota Metro.

SIGER Fest juga mengangkat tema sejarah penerbitan uang Republik Indonesia serta peran penting Mohammad Hatta dalam sejarah bangsa. Dalam acara tersebut digelar talkshow bertajuk "Peran Bung Hatta di Tanah Siger" yang menghadirkan narasumber seperti putri Proklamator Republik Indonesia, Halida Hatta, serta peneliti sejarah Museum Bank Indonesia, Syefri Luwis.

Rangkaian kegiatan SIGER Fest mencakup Pameran Museum Bank Indonesia, talkshow kebangsaan dan pemberdayaan, praktik kecakapan dan keterampilan, serta berbagai lomba edukatif. Semua kegiatan tersebut bertujuan untuk mengedukasi masyarakat Lampung, khususnya warga Kota Metro, agar semakin memahami pentingnya mencintai dan menggunakan Rupiah sebagai bentuk kebanggaan nasional.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos