Pjs Walikota Metro Fokus Peningkatan PAD

img
Pjs. Walikota Metro, Descatama Paksi Moeda berkunjung ke kantor PWI Kota Metro.

MOMENTUM, Metro--Pejabat Sementara (Pjs) Walikota Metro, Descatama Paksi Moeda, fokus pada program peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) untuk menambah APBD. Sehingga, program pembangunan yang menjadi prioritas dapat terakomodir dengan optimal. 

Hal itu dikatakan Pjs. Walikota Metro saat berkunjung ke Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Metro, Jumat (11-10-2024). 

Descatama mengatakan, pemerintah harus bersinergi dengan media sebagai bentuk saling support (dukung) dalam program pembangunan di Bumi Sai Wawai. 

"Kunjungan saya ke PWI ini bagaimana mensinergikan bahwa wartawan selaku sosial kontrol dari pemerintahan yang ada di masyarakat, dapat terus mensupport pembangunan yang ada di Kota Metro," kata dia.

"Karena penyelenggaraan Kota Metro selama dua bulan ini, selama saya menjabat sebagai Pjs walikota, harus berjalan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kota Metro," imbuhnya. 

Selain itu, Pjs Walikota juga membahas soal Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Metro. Ia berharap, di tahun 2025 Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Bumi Sai Wawai dapat meningkat. 

"Untuk APBD Kota Metro tahun 2025, sudah dilakukan pembahasan. Tentunya dinas yang membidangi, dapat melakukan ekstensifikasi kegiatan-kegiatan melihat bagaimana potensi-potensi PAD yang ada di Kota Metro," ucapnya. 

"Jadi, APBD Kota Metro jangan hanya mengandalkan dana transfer. Seperti, Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Insentif Daerah (DID), atau Dana Bagi Hasil (DBH) dari provinsi. Tapi bagaimana menggali potensi-potensi PAD yang ada, sehingga pembangunan di Kota Metro dapat lebih banyak lagi. Tidak hanya mengandalkan dana-dana transfer dari pusat," imbuhnya. 

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Metro, Rino Panduwinata mendukung upaya peningkatan PAD di Kota Metro. Dengan menggali potensi-potensi yang ada. 

"Kami mendukung apa yang disampaikan oleh pak Pjs Walikota Metro tadi. Bahwa untuk meningkatkan PAD, harus menggali potensi-potensi yang ada. Seperti contoh yaitu, retribusi parkir, pajak iklan reklame, dan lain sebagainya," ujarnya. 

"Mudah-mudahan dengan menggali potensi-potensi yang ada, PAD Kota Metro pada tahun 2025 bisa meningkat," imbuhnya. 

Kemudian, Rino juga mengucapkan terimakasih kepada Pjs Walikota Metro beserta jajarannya yang telah bersilaturahmi ke kantor PWI. 

"Mewakili teman-teman di PWI, saya selaku ketua mengucapkan terimakasih atas kunjungan dari bapak Pjs Walikota Metro dan jajarannya. Semoga dengan adanya kunjungan ini, dapat lebih mempererat jalinan silaturahmi antara pemerintah Kota Metro dengan PWI," ucapnya.(**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos