DPRD Lambar Rapat Paripurna Pengambilan Sumpah Tiga Unsur Pimpinan

img
Ketua Pengadilan Negeri Liwa Awaluddin Hendra Aprilana memimpin pengambilan sumpah tiga unsur pimpinan DPRD Lampung Barat. Foto. Sulemy.

MOMENTUM, Liwa -- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung Barat (Lambar) gelar rapat paripurna pengambilan sumpah dan janji tiga unsur pimpinan periode 2024-2029 yang dilaksanakan di ruang sidang Maghgasana, Sekretariat DPRD setempat, Rabu 16 Oktober 2024.

Ketiga pimpinan DPRD Lambar yang diambil sumpah dan janjinya yakni, Edi Novial dari PDI-Perjuangan yang tidak tergantikan sebagai Ketua DPRD Lambar. Begitu juga Sutikno dari Partai Demokrat sebagai Wakil Ketua I DPRD Lambar. Pada periode sebelumnya, keduanya menyandang posisi yang sama. 

Sementara untuk Wakil Ketua II DPRD Lambar diisi Jafar Sodiq dari PKB, yang menjadi unsur pimpinan baru di struktur DPRD Lambar.

Pengambilan sumpah jabatan pimpinan DPRD Lambar dipandu Ketua Pengadilan Negeri Liwa Awaluddin Hendra Aprilana. Dilanjutkan dengan penyerahan pimpinan DPRD sementara Sri Nurwijayati kepada pimpinan DPRD definitif Edi Novial.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Pj. Bupati Lambar Nukman, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Pj. Sekda Ismet Inoni, Asisten Bupati Lambar, Staf Ahli Bupati Lambar, Kepala OPD, Camat dan Instansi Vertical.

Ketua DPRD Lambar, Edi Novial mengatakab pelantikan Pinpinan DRPD Lambar telah sesuai dengan undang-undang tentang pedoman penyusunan DPRD Provinsi/Kabupaten.

“Baru saja kami mengambil sumpah janji pimpinan DPRD kabupaten Lampung Barat, kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah mendukung kami dan semoga dapat mengemban amanah ini dengan baik,” jelas Edi Novial.

Edi Novial menerangkan, bahwa kabupaten Bumi Beguwai Jejama Sai Betik merupakan daerah yang kaya akan suku, ras, budaya dan agama, sehingganya ia meminta izin kepada seluruh masyarakat untuk memimpin DPRD kabupaten Lampung Barat untuk ketiga kalinya.

“Maka perkenankan kami untuk memimpin DPRD kabupaten Lampung Barat sehingga dapat bersinergi dengan pemerintah, TNI , Polri dan Kejaksaan serta stakeholder lainnya untuk membangun Lampung Barat yang lebih baik,” terangnya.

“Kami mengajak, untuk mari bersama-sama bersinergi untuk kemajuan Lampung Barat, kita dapat bersama-sama berkerjasama,” sambungnya.

Sementara Pj. Bupati Lambar, Nukman mengucapkan selamat atas dilantiknya ketiga unsur Pimpinan DPRD Lambar periode 2024-2029. Hal itu, sesuai dengan surat keputusan Pj. Gubernur Provinsi Lampung, peresmian pengangkatan merupakan langkah awal dari komitmen besar dalam mendukung pembangunan Kabupaten Lampung Barat ke depan.

"Pimpinan DPRD memiliki tugas penting dalam memimpin rapat, menyusun rencana kerja, dan memastikan sinergi yang baik antara eksekutif dan legislatif," kata Nukman.

Nukman menjelaskan, koordinasi dan komunikasi yang baik antara DPRD dan pemerintah daerah sangatlah penting demi kelancaran penyelenggaraan pemerintahan serta pembangunan daerah yang berkelanjutan.

"Mudah-mudahan dengan dilantiknya ketua dan wakil ketua DPRD Lampung Barat ini ke depannya semakin memperkuat Pemerintah untuk membangun Lampung Barat," kata dia.

Sebab, tidak dipungkiri Nukman, untuk mewujudkan kemajuan Lampung Barat tidak akan terlaksana tanpa adanya kerjasama antara Eksekutif dan Legislatif.

Untuk itu, dirinya meminta dukungan berbentuk sinergiritas kepada DPRD dan lapisan masyarakat untuk membangun percepatan pembangunan di Lampung Barat.

"Sehingga apa yang sudah direncanakan untuk pembangunan di Lampung Barat dapat berjalan dengan maksimal," ujarnya. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos