Bawaslu Kawal Dugaan Ijazah Palsu Calon Bupati Aries Sandi

img
Ketua Bawaslu Pesawaran, Fatihunnajah. Foto. Rifat.

MOMENTUM, Gedongtataan--Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesawaran mengawal perkara dugaan ijazah palsu Aries Sandi pada pilkada 2024.

Ketua Bawaslu Pesawaran, Farihunnajah angkat suara terkait polemik dugaan ijazah bodong calon Bupati Aries Sandi Darma Putra saat nendaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Fatih menyebut pihaknya telah menjalankan pengawasan dari awal pendaftaran hingga menjelang penetapan calon, hanya saja kata dia, Bawaslu berpedoman pada KPU dalam kaitan penetapan calon.

"Kami mengawasi dengan cara ikut ke Disdikbud Lampung saat melakukan verifikasi faktual calon, dan kami selalu bertanya apakah berkas tersebut layak dijadikan syarat, KPU saat itu mengatakan layak, jadi kami berpedoman terhadap keputusan KPU Pesawaran itu," kata dia, Kamis (24-10-2024).

Namun menurut Fatih, saat verifikasi pihaknya menanyakan nomor ijazah yang tidak ada dalam surat keterangan yang menjadi dasar pencalonan tersebut.

"Saat itu Disdik meminta waktu untuk menunjukkan data ijazah dan nomor ijazah berikut tentang keterangan di mana asal sekolahnya, namun memang sampai saat ini Disdik belum memberikan," ujarnya.

"Disdik berjanji akan memberikan tapi membutuhkan waktu, karena kata Disdik yang bersangkutan lulus sudah lama sehingga harus dicari terlebih dahulu," terangnya.

Terkait polemik tersebut, Fatih mengaku masih menunggu laporan masyarakat terkait dugaan ijazah bodong tersebut.

"Jika ada laporan kami akan tindaklanjuti secara profesional, akan kita kaji apakah memenuhi unsur atau tidak," tandasnya.

Jika nantinya yang bersangkutan tidak bisa menunjukan keabsahan ijazah Fatih mengatakan tidak menutup kemungkinan bisa dikenakan sanksi yang menggugurkan status calonnya.

"Yang jelas kita kaji terlebih dahulu bersama komisioner yang lain, dan akan kita buktikan keabsahan dokumen tersebut," imbuhnya. (**)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos