KPU Tanggamus Sosialisasi Pemilih Perempuan

img
Sosialisasi calon pemilih perempuan yang dilaksanakan KPU Tanggamus di Aulu Serumpun Padi, Kecamat an Gisting.

Harianmomentum.com-- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanggamus menggelar Sosialisasi Pemilih Perempuan untuk pemilihan kepala daerah serentah tahun 2018: Pemilihan Gubenur Lampung dan bupati setempat. Sosialisasi berlangsung di Aula Serumpun Padi, Kecamatan Gisting, Selasa (16/1).

Sosialisai itu diikuti seratus orang calon pemilih perempuan yang berasal dari berbagai organisasi kewanitaan di kabupaten setempat. Ketua KPU Tanggamus Otto Yuri Saputra mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan partisipasi pemilih perempuan dalam pilkada serentak mendatang.

"Sosialisasi ini sangat penting, agar calon pemilih perempuan mengerti dan paham pentingnya berpatisipasi dalam pilkada serentak nanti, karena memberikan suara itu adalah hak demokrasi warga negara," kata Otto.

Hal senada disampikan anggota komisioner KPU Tanggamus Antoniyus. Menurut dia, kaum punya hak yang sama dengan kaum laki-laki untuk menetukan pilihan calon kepala daerah dalam pilkada nanti. 

“Satu suara yang kita berikan kepada calon kepala daerah akan sangat menentukan kelanjutan proses pembangunan selama lima tahun kedepan,” kata Antoniyus.

Dia menerangkan, dalam penyelenggaraan pemilu atau pilkada ada 12 azas dan prinsip yang harus dipatuhi: mandiri, jujur, adil, kepastian hukum, tertib penyelenggaraan. 

Kemudian: mengedepankan kepentingan umum, keterbukaan, proporsionalitas, 0profesionalitas, akuntabilitas, efisiensi dan efektivitas.

"Untyk syarat pemilih, harus berusia 17 tahun, sudah atau pernah menikah dan purnawiran atau tidak lagi menjadi anggota TNI atau Polri," jelasnya.  (day)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos