Besok, BPLH Cek Pengelolaan Limbah RS Belleza

img
Saluran air di sekitar RS Belleza diduga tercemar limbah rumah sakit. Foto. Ist.

Harianmomentum.com - Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH) Bandarlampung, Selasa (6/2/2018), akan mengecek Instalasi Pengelola Air Limbah (IPAL) Rumah Sakit (RS) Belleza di Kedaton yang diduga bocor dan mencemari sumur warga.


"Besok Insya Allah, kami (BPLH) akan mengcek benar atau tidak sumur warga itu tercemar limbah," kata Kepala BPLH Bandarlampung Siddik Ayogo, Senin (5/2).


BPLH akan mengirimkan beberapa personil untuk mengambil sempel air sumur yang diduga tercemar untuk diuji di laboratorium.


"Misalkan, hasil uji laboratorium ternyata air sumur itu bukan tercemar limbah RS Belleza, kami akan mencari tahu mengapa air itu bisa berbau busuk," tuturnya.


Namun, jika hasilnya membuktikan bahwa air sumur tersebut positif tercemar limbah IPAL RS Belleza, kata dia, BPLH akan merekomendasikan kepada rumah sakit bersangkutan tentang cara mengelola limbah yang benar.


Sebelumnya, Warga Jalan Sultan Haji Gang Cemara, Kedaton mengeluhkan sumur mereka tercemar limbah yang diduga berasal dari limbah RS Belleza.


Abdul Mutolib, warga sekitar mengatakan, sudah satu pekan sumur yang menjadi sumber air masyarakat berbau busuk yang diduga tercemar limbah RS Belleza.


"Kami mas curiga air menjadi bau busuk ini karena kena imbas lantaran IPAL rumah sakit ini bocor," katanya. (aji).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos