Wabup Pesibar Panen Raya Padi Varietas Sartani 13

img
Wakil Bupati Pesisir Barat Panen Raya Padi Varietas Sartani 13 di Kecamatan Ngambur

Harianmomentum.com--Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) Erlina menghadiri panen raya padi varietas Sartani 13. 

Panen raya dipusatkan di areal persawahan Pemangku Mekarbudi, Pekon (desa) Sukanegara, Kecamatan Ngambur, Senin (5/3).

Dalam sambutanya, wabup menyampaikan komitmen Pemkab Pesibar melaksanakan program pembangunan bidang pertanian untuk meningkatkan kesejahteraan petani. 

Karena itu, lanjut dia, pemkab akan berusaha menjadikan varietas Sartani 13 sebagai benih padi unggulan utama bagi petani di kabupaten setempat.    

“Hasil panen padi varietas Sartani 13 ini bisa mencapai 14 ton per hektare. Jelas lebih menguntungkan dibanding varietas lain yang rata-rata hanya enam ton per hektare. Karena itui, kita akan berupaya menjadi varietas Sartani 13 sebagai benih unggulan bagi petani di kabupaten ini,” kata Erlina.

Selain hasil panen yang tinggi, varietas Sartani 13 juga memiliki sejumlah keunggulan dibanding varietas lain, diantaranya: waktu semai hanya 10 hari dibanding varietas lain yang bisa 22 hari. Metode tanam juga cukup satu batang per lubang tanam dan tingkat kehampaan hanya  lima  persen.

“Kita berharap seluruh petani di Pesibar dapat menggunakan varietas Sartani 13. Para penyuluh pertanian juga harus lebih maksimal memberikan pemahaman terkait teknik budidaya yang baik. Jika itu semua bisa kita lakukan, maka Kabupaten Pesisir Barat bisa mencapai swasembada pangan dalam waktu yang tidak lama,” harapnya.

Turut hadir pada panen raya tersebut Sekretaris Dinas Pertanian (Distan) Pesibar Amir Hakim, para penyuluh pertanian lapangan  dan sejumlah pejabat daerah setempat. (asn)

 







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos