Pringsewu Expo 2018, Momentum Peningkatan Daya Saing demi Sejahterakan Masyarakat

img
Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Lampung H Lukmansyah berserta jajaran Forkopinda Pringsewu menabuh musik ceting bambu menandai pembukaan Pringsewu Expo 2018. /Sulistyo

Harianmomentum.com--Pringsewu Expo 2018 diharapkan menjadi momentum untuk meningkatkan daya saing daerah itu secara harmonis demi terciptanya kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh.

 

Pringsewu Expo merupakan salah satu wahana strategis guna mensosialisasikan informasi program dan hasil-hasil pembangunan kepada publik secara luas.

 

"Sekaligus sebagai wahana untuk memvisualisasikan kemajuan, program kerja dan pencapaian hasil pembangunan di Kabupaten Pringsewu selama kurun waktu sembilan tahun ini," ujar Bupati H Sujadi, saat membuka Pringsewu EXPO 2018 dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 9 Kabupaten Pringsewu, berlangsung di lapangan komplek perkantoran pemkab setempat, Senin (19/3) malam.

 

Sujadi memaparkan, kegiatan tersebut diharapkan dapat lebih mengintergrasikan promosi dan informasi produk serta jasa unggulan kepada masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan serta mendorong geliat perekonomian Kabupaten Pringsewu.

 

"Termasuk upaya promosi berbagai produk lokal dan UKM, sekaligus dalam rangka menarik kunjungan wisata di Kabupaten Pringsewu," harapnya.

 

Menurut Bupati, Kabupaten Pringsewu meskipun minim akan sumber daya alam dan lautnya, namun telah berhasil mengembangkan potensi di bidang perdagangan, jasa dan pertanian.

 

"Hal ini tentunya sangat membutuhkan kepiawaian maupun terobosan-terobosan agar sumber daya yang sangat terbatas ini dapat tergali secara optimal yakni melalui sarana promosi yang efektif seperti bentuk pameran dan bazar, seperti pada event Pringsewu expo ini,"ujarnya.

 

Bupati Pringsewu juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada panitia dan seluruh elemen masyarakat Pringsewu atas kerja sama dan peran serta serta dukungannya sehingga event yang sudah menjadi agenda tahunan ini dapat terlaksana dengan baik.

 

Dengan harapan kerja sama dan keharmonisan antara unsur pemerintah daerah dan masyarakat terus terjalin baik guna mewujudkan kemajuan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Pringsewu.

 

"Saya mengajak seluruh elemen masyarakat Pringsewu untuk senantiasa meningkatkan persatuan dan kesatuan serta kebersamaan demi kesinambungan dan kelancaran pembangunan di Kabupaten Pringsewu yang sudah berusia sembilan tahun," ajak Sujadi.

 

Pada pembukaan Pringsewu Expo 2018 ditandai dengan pemukulan bersana alat musik Ceting oleh Bupati Sujadi, Wabup H Fauzi, Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Lampung H Lukmansyah berserta Forkopinda dilanjut pelepasan sembilan rumpun balon Led juga sekitar 700 balon dilepas oleh masyarakat dibarengi letupan kembang api spektakuler.

 

Kemudian berlanjut pada hiburan dengan menampilkan artis dangdut lokal dan ibukota Lia Amelia dan Vera Borneo merupakan sumbangan dari masyarakat Pringsewu.

 

Ketua Panitia Pringsewu Expo 2018 A Budiman yang juga Sekkab Pringsewu mengatakan, Pringsewu Expo 2018 mengambil tema 'Dengan Semangat Hari Jadi Kabupaten Pringsewu ke 9 Kita Wujudkan Peran serta Masyarakat dan Dunia Usaha sebagai Pilar menuju Pringsewu yang Bersahaja'. Kegiatan itu akan berlangsung selama lima hari, dimulai Senin 19 Maret hingga Jumat 23 Maret 2018.

 

"Kegiatan juga diikuti lebih dari 100 stand merupakan unsur SKPD, seluruh kecamatan yang memamerkan kreasi dan hasil produktifitasnya, pihak BUMN dan para pengusaha dan pengrajin UKM-IKM asli Kabupaten Pringsewu. Juga berbagai komunitas kreatif yang mengelola kerajinan bambu maupun olahan jajanan tradisional," paparnya.

 

Menurur dia, agat setiap hari dan malam ramai maka akan ditampilkan berbagai hiburan dan kreasi musik dari juga digelar Festival Band, Dangdut, Pop Lampung, Bebandung, Musik Bambu, Tari Kreasi, Fasion Show. Dengan peserta mulai pelajar SD, SMP, SLTA hingga Perguruan Tinggi dan masyarakat umum.

 

"Jadi setiap malam selalu ada penampilan hiburannya. Panitia juga menyediakan hadiah dan doorprize bagi pengunjung," jelas Budiman.

 

Sekdakab itu menambahkan, panitia menyediakan dua minibus dari Dinas Perhubungan dan Pol PP guna mengangkut warga secara gratis yang ingin menyaksikan Pringsewu expo secara bergiliran dari seluruh kecamatan.

 

"Supaya setiap hari mulai pagi hingga malam event Pringsewu expo 2018 selalu ramai," ungkap Budiman.

 

Sementara Kepala Biro Perekonomian Setda Provonsi Lampung H Lukmansyah mewakili Gubernur dalam sambutanya mengatakan, ajang Pringsewu Expo 2018 selain merupakan reaktualisasi keberhasilan pembangunan, serta etalase komoditas unggulan daerah dan diharapkan mampu membuka cakrawala serta peluang bagi para pengusaha lokal dalam mengembangkan potensi usaha yang dimiliki untuk menuju pasar nasional maupun internasional.

 

Maka pameran ini tidak sekedar menjadi tontonan semata, tetapi harus menjadi ajang pertukaran bisnis yang saling menguntungkan. Pada gilirannya mampu meningkatkan pemasukan devisa bagi Lampung dan Pringsewu khususnya.

 

"Saya harapkan momentum Pringsewu Expo 2018 dapat sebagai daya ungkit untuk memotivasi semua pihak agar terus melangkah lebih maju guna mencapai kemakmuran dan kesejahteraan bersama," harap Lukmansyah.

 

Hadir pada acara Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Lampung H Lukmansyah, Bupati Pringsewu H Sujadi, Wakil Bupati H Fauzi, Wakil Ketua DPRD H Stiyono, Wakapolres Tanggamus Kompol Budi Setiawan. Ketua TP PKK Kabupaten Pringsewu Hj Nurrohmah dan wakil Hj Rita Irviani, para asisten, kepala OPD, sejumlah anggota DPRD, camat dan ribuan warga masyarakat Pringsewu dan sekitarnya.(lis)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos