393 Kades Ikuti Lokakarya Gerbang Desa

img
Program Gerbang Desa Saburai Provinsi Lampung./Ira

Harianmomentum.com--Sebanyak 393 kepala desa (Kades) dari berbagai kabupaten di Provinsi Lampung mengikuti lokakarya gerakan membangun desa (Gerbang Desa), di Hotel Emersia, Selasa (20/03/2018).

 

Kegiatan itu diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Lampung.

 

Koordinator program gerbang desa saburai (GDS) Provinsi Lampung Amir Machmud Hasan mengatakan, kegiatan lokakarya bertujuan memberi pemahaman kepada Kades agar memiliki langkah yang tepat dan strategis dalam pembangunan desa.

 

Menurut Amir, di tahun 2015 ada sekitar 30 desa yang emngikuti lokakarya ini. Selanjutnya meningkat menjadi 100 desa pada tahun 2016.

 

“Kemudian meningkat lagi menjadi 250 desa di tahun 2017 dan sekarang (2018) menjadi 380 desa,” jelasnya.

  

Amir mengakui, munculnya angka 380 desa tertinggal, bersumber dari data indeks kemajuan desa (IKD) badan pusat statistik (BPS).

 

Kemudian dari data tersebut menunjukkan Kabupaten Tanggamus menempati urutan tertinggi dengan 101 desa tertinggal.

 

Selanjutnya Amir berharap, dengan adanya lokakarya ini, kepala desa lebih bisa mengembangkan desanya.

 

“Disini, kepala desa kita beri strategi, cara dan upaya untuk menghilangkan 'penyakit' desa tertinggal. Kita punya program, punya cara, dan punya modal. Insyaallah 2018 tidak ada lagi desa tertinggal di Lampung,” tutupnya.

 

Sebagai informasi, 393 kepala desa yang hadir pada lokakarya provinsi kali ini adalah gabungan desa yang mendapatkan program GDS dan program lama yaitu, Program Pembangunan Desa Induk (PPDI), program dari Bappeda tahun 2015. (ira/ap)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos