ICMI: Cagub Harus Atasi Murahnya Harga Komoditas Pertanian

img
Ketua ICMI Orwil Lampung Yusuf Barusman. Foto. Ist.

Harianmomentum.com--Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Organisasi Wilayah (Orwil) Lampung menilai penyebab utama kemiskinan adalah harga komoditas pertanian yang anjlok.


Sehingga, kemiskinan menjadi salah satu permasalahan yang direkomendasikan ICMI kepada pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan berlaga pada pilgub 27 Juni 2018.


Hal itu disampaikan Ketua ICMI Orwil Lampung Yusuf Barusman saat Seminar dan Penyerahan Rekomendasi untuk Pembangunan Provinsi Lampung di Gedung Pasca Sarjana Universitas Bandarlampung (UBL), Rabu (28/3).


Yusuf menerangkan, kemiskinan yang terjadi di Provinsi Lampung, disebabkan oleh anjloknya harga komoditas, seperti singkong, kopi dan jagung.


Menurut dia, hal itulah yang membuat kemiskinan sulit diatasi. Akhirnya, masyarakat belum dapat mencapai kebahagiaan.


"Misalnya waktu panen jagung atau singkong, harganya justru jatuh. Sehingga, merugikan petaninya. Itu yang membuat kemiskinan di Lampung sulit diatasi," jelas Yusuf.


Dia menilai, harga dari setiap komoditi justru ditetapkan oleh pembeli, bukan petaninya.


Karena itu, dia pun membuat strategi untuk pembangunan Lampung ke depannya, dengan memberikan gagasan dalam mengatasi permasalah tersebut. Seperti, dengan menetapkan harga minimum dari komoditi.


"Jadi waktu panen, harus ada harga minimumnya berapa," ujarnya.


Dia berharap, melalui rekomendasi yang berisi strategi pembangunan Provinsi Lampung, kepada setiap pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.


Untuk itu, dia meminta kepada pemimpin Lampung ke depannya akan melakukan upaya untuk mengurangi hal tersebut.


"Tentu saja kita akan melakukan evaluasi terhadap kinerja gubernur terpilih. Apakah sesuai dengan yang kita rumuskan atau tidak," paparnya. (adw).







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos