Semarakkan Hari Kartini, Petugas Pelayanan KRL Tampil Berkebaya

img
Ilustrasi. Foto: RMOL.CO/Humas KRL

Harianmomentum--PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) menghadirkan pelayanan berbeda pada Hari Kartini yang jatuh hari ini (21/4).

 

Sepanjang hari, para petugas passenger service dan announcer perempuan di stasiun-stasiun KRL tampil mengenakan kebaya saat bertugas. Total akan ada 114 dari 245 petugas passenger service yang berkebaya dan siap melayani para pengguna KRL di stasiun. 

Kegiatan ini merupayakan upaya PT KCJ untuk ikut menyemarakkan peringatan Hari Kartini sekaligus memberikan nuansa yang berbeda bagi seluruh penggunanya, dikutip RMOL.CO.

Selain busana yang berbeda, seluruh kegiatan pelayanan PT KCJ maupun operasional Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek untuk hari ini tetap berlangsung normal.

PT KCJ sendiri senantiasa berupaya memberi pelayanan terbaik, termasuk bagi para penggunanya yang perempuan. 

Sejak tahun 2010 KCJ telah memperkenalkan Kereta Khusus Wanita (KKW) di kereta pertama dan terakhir setiap rangkaian. Berbeda dengan komuter di kota-kota besar lainnya di dunia, KKW berlaku sepanjang hari baik saat jam padat maupun sepi penumpang. 

Sebagai perusahaan, PT KCJ juga mendukung kesetaraan gender dalam lingkungan pekerjaan. 

Cukup banyak karyawan perempuan yang bekerja di KCJ mulai dari tingkat top management, middle management, hingga ke frontliner. Pekerjaan yang sebelumnya jamak dilakukan pria kini pun telah diisi oleh perempuan. Contohnya antara lain adalah keberadaan Petugas Pelayanan KRL (PPK) perempuan, dan mereka yang bekerja di bagian teknik sarana KRL.(Red)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos