Staf Ahli Kemenpora: Pesisir Barat Harus Prioritaskan Akses Pariwisata

img
Jonni Mardizal. Foto. Agung Sutrisno.

Harianmomentum.com--Kabupaten Pesisir Barat memiliki potensi wisata kelas dunia. Namun, pengembangannya masih terkendala akses sarana transportasi.

Menurut Staf Ahli Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Jonni Mardizal, saat ini mulai banyak turis asing yang berkunjung ke Pesisir Barat. Namun, aksesnya hanya melalui darat sehingga waktu tempuhnya lebih lama.

Karena itu, ketersediaan akses transportasi baik darat, udara dan laut, menjadi sarana utama untuk memaksimalkan pengembangan pariwisata.

"Namun, transportasi udara menjadi keharusan, agar wisatawan mancanegara lebih efisien datang ke Pesisisr Barat," kata Jonni di sela-sela kegiatan Kemilau Ngambur 2018, Selasa (2/10/18). 

Langkah lain, dia menyebutkan, promosi. Pemkab Pesisir Barat sejauh ini dinilai cukup baik dalam mempromosikan pariwisata. 

Kendati demikian, Jonni kembali menegaskan, pemerintah Pesisir Barat harus memprioritaskan ketersediaan akses ke tempat-tempat wisata.

Pemerintah juga perlu menumbukan atau melibatkan masyarakat dalam mengembangkan pariwisata. Sektor pariwisata memiliki potensiyang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Media harus dilibatkan, selain memberitakan tentang potensi wisata, juga dapat memerikan masukan untuk memaksimalkan wilayah yang memiliki garis pantai 210 km ini. (asn).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos