Polisi Bakal Tilang Pengendara Gunakan Ponsel

img
Kapolres Kota Metro AKBP Umi Fadillah Astutik, memasang plakat/pin Tim Gabungan Operasi Zebra Krakatau./opie

Harianmomentum.com--Aparat Kepolisian Resor (Polres) Metro menegaskan akan melakukan penilangan kepada pengendara yang menggunakan ponselnya sambil berkendara. Hal itu dilakukan demi menekan angka kecelakaan lalu lintas yang dikemas dalam Operasi Zebra Krakatau, 30 Okrober hingga 12 November 2018.

"Tidak hanya pengguna ponsel, tapi anak di bawah umur, bonceng tiga serta pemeriksaan kelengkapan surat menyurat kendaraan menjadi poin pelaksanaan operasi itu," kata Kapolres Metro AKBP Umi Fadillah Astutik, Selasa (30/10).  

Menurut dia, kegiatan itu dilaksanakan selama 14 hari itu merupakan bentuk kepedulian aparat kepolisian guna meningkatkan kesadaran masyarakat, sehingga dapat menekan peningkatan angka kecelakaan lalu lintas.

"Ini menjadi salah satu upaya untuk menekan angka kecelakaan sekaligus tindak kriminalitas di jalan raya. Sekaligus agar masyarakat patuh terhadap peraturan lalu lintas," sambung Kapolres.

Selain itu, sasaran operasi ini yakni pengendara yang melawan arus, tidak memakai helm SNI, serta pengendara R2 di bawah umur. 

"Termasuk juga pengendara R2 yang berboncengan tiga, pengendara yang dalam keadaaan mabuk. Juga pengendara yang menggunakan HP," terangnya. 

Pihaknya mengimbau orang tua agar tidak membiarkan anaknya jika dibawah umur untuk berkendara saat bersekolah. Oleh sebab itu, pihaknya meminta agar orang tua mengantarkan anaknya ke sekolah. 

"Anak di bawah umurkan tidak boleh berkendara sendiri. Makanya saya imbau agar lebih baik diantarkan saja ketika berangkat sekolah," ucapnya. 

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Metro AKP M Kasyfi menambahkan, operasi ini diprioritaskan pada daerah yang rawan kecelakaan. Salah satunya, yakni Jalan Pattimura, Jalan AH Nasution (perbatasan Kota Metro dan Pekalongan). 

"Personel gabungan yang diturunkan untuk operasi berjumlah 300 orang. Untuk jam situasional. Pokoknya daerah yang rawan akan kami lakukan operasi," tegasnya.

Diketahui, Kepolisian Resor (Polres) Metro menggelar apel pasukan operasi Zebra Krakatau 2018. Apel gabungan yang diikuti oleh personel Polri, TNI, Dishub dan Satpol PP tersebut dilakukan di halaman Mapolres, Selasa (30/10).(pie)








Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos