Mahasiswa Terbaik UBL Penelitian di Jepang

img
Mahasiswa prodi Arsitektur UBL akan penelitian di Jepang. Foto:ist.

Harianmomentum.com--Universitas Bandar Lampung (UBL) kembali mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti program penelitian di luar negeri, tepatnya di University of Kitakyushu Jepang.

Kali ini, ada empat mahasiswa terbaik Program Studi Arsitektur UBL yang diberangkatkan yaitu Panca Indra dan Jamal Abdillah serta Satrio Agung Perwira dan Rahmad Ade Gunawan.

Mereka akan mengikuti ajang yang disebut University of Kitakyushu Student Exchange Research Program (UKSERP) 2019.

 Shofia Islamia Ishar, dosen UBL sekaligus pembina kegiatan mengatakan, Satrio Agung Perwira dan Rahmad Ade Gunawan sudah berangkat ke Jepang sejak September 2018 dan akan berahir pada Maret 2019 mendatang. 

“Sedangkan Panca dan Jamal, mereka akan terbang dari Jakarta ke Jepang besok (12-2-2019) dan dijadwalkan kembali ke Indonesia bersamaaan dengan Satrio dan Ade,” kata Shofia saat melepas keberangkatan dua mahasiswa UBL di ruang Wakil Rektor I, Senin (11-02-2019)

Sofia mengatakan, keempat mahasiswa itu akan melaksanakan serangkaian kegiatan saat berada di Jepang. 

“Sebelum siap untuk berangkat ke Jepang, mahasiswa melalui serangkaian tes dan persyaratan seperti beberapa mata kuliah yang minimal bernilai B, IPK minimal tiga dan bisa berbahasa inggris. Jadi mahasiswa yang kami kirim adalah masasiswa pilihan,” jelasnya. 

Dia menjelaskan, keempat mahasiswa UBL tersebut akan bersama puluhan mahasiswa lainnya dari berbagai negara di Asia.

“Mereka akan bergabung dalam tim untuk mengikuti serangkaian kegiatan workshop, perlombaan dan juga konferensi internasional dimana mereka akan mempresentasikan hasil penelitian yang sudah dilakukan di negaranya masing-masing,” jelasnya.

Panca, salah satu mahasiswa yang akan berangkat ke Jepang menyampaikan, kegiatan UKSERP 2019 mererupakan pengalaman baru dan berharga baginya. 

“Saya sangat senang sekali bisa terpilih mengikuti kegiatan ini, karena ini menjadi tujuan saya saat awal masuk ke UBL. Pada konferensi internasional ini nanti saya dan Jamal akan mempresentasikan tentang pemanfaatan bambu dalam bangunan. Saya sangat berterimakasih kepada UBL atas kesempatan ini,” ungkap Panca. 

Turut hadir dalam acara pelepasan mahasiswa: Wakil Rektor I Bidang Akademik Hery Riyanto dan Wakil Rektor II Bidang Administrasi Harpain. 

Untuk para mahasiswa yang akan berangkat ke Jepang, Hery Riyanto mengucapkan selamat serta menyatakan perasaan bangganya.

“Tidak semua perguruan tinggi di Provinsi Lampung bahkan di Indonesia mampu mendapatkan kesempatan tersebut,” ujarnya. 

Selanjutnya Hery Riyanto mengucapkan selamat kepada mahasiswa yang berkesempatan mengikuti kegiatan tersebut.

“UBL masih diberikan kepercayaan untuk mengirimkan delegasinya, ini sudah yang ke empat kalinya. Ini membuktikan bahwa kualitas mahasiswa mahasiswa prodi Arsitektur UBL mampu bersaing dalam kancah internasional,” kata Hery.(acw).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos