BPBD Lamtim Gelar Diklat P2BK

img
Bupati Lamtiim Zaiful Bokhari mengenakan tanda peserta Diklat P2BK yang diselenggarakan BPBD setempat

MOMENTUM, Sukadana--Bupati Lampung Timur (Lamtim) Zaiful Bokhari membuka kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pertolongan dan Pencegahan Bahaya Kebakaran (P2BK), Rabu (23-10-2019).

Diklat yang berlangsung di Aula Islamic Center Sukadana itu diikuti personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala BPBD Lamtim  Mansyur Syah mengatakan, diklat tersebut bertujuan meningkatkan kemampuan petugas dalam pencegahan dan penanganan bahaya kebakaran/

"Dari delapan titik kebakaran di wilayah Lampung Timur, hanya 75 persen saja yang dapat tertangani. Penyebabnya keterbatasn  sarana dan prasarana petugas pemadam kebakaran," kata Mansyur Syah.

Karena itu, lajut dia, diperlukan upaya peningkatan kemampuan personel untuk melakukan pencegahan dan penanganan kebakaran. 

"Ke depan kita akan upayakan untuk dapat bantuan peralatan pemadam kebakaran lahan dari pusat. Kami juga mohon dukungan dari bapak bupati untuk mengupayakan alokasi anggaraan terkait penambahan  sarana dan prasarana ini," harapnya.

Dalam sambutanya, Bupati Lamtim Zaiful Bokhari meminta Kepala BPBD untuk membuat perencanaan program untuk kegiatan 2020.

“Pemadaman itu tidak hanya bisa dilakukan secara manual. Karena itu,  kepala BPBD harus membuat perencanaan program untuk kegiatan 2020, apa langkah yang harus kita lakukan karena tidak menutup kemungkinan kejadian-kejadian seperti ini (kebakaran lahan) tidak hanya terkait dengan cuaca,” kata bupati.

Hadir pada pembukaan diklat yang akan berlangsung hingga 24 Oktober 2019 itu: Sekertaris BPBD Lamtim Sopian Hadi dan nara sumber dari polres setempat serta, perwakilan kodim. (rif) 






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos