Tulangbawang Barat Bagikan 29.600 Tumbler kepada Pelajar SD dan SMP

img
MURI mencacat pembagian 29.600 tumbler kepada pelajar SD dan SMP di Tulangbawang Barat. Foto. Shn.

MOMENTUM, Panaragan--Pembagian 29.600 tumbler (botol minum) kepada siswa sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Tulangbawang Barat tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (Muri).

Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Umar Ahmad secara simbolis membagikan tumbler kepada para siswa di lapangan pemkab setempat, Kamis (28-11-2019). 

Kegiatan ini dihadiri pengurus PKK Provinsi Lampung yang diwakili Ika Supriyadi, pengurus PKK kabupaten dan kecamatan, para guru serta pejabat setempat.

Bupati Umar Ahmad, dalam sambutannya, mengatakan pembagian tumbler tersebut menindak-lanjuti usaha mengurangi sampah plastik di Bumi Ragem Sai Mangi Wawai.

"Pemkab Tubaba membagikan botol air minum agar di setiap sekolah tidak lagi menggunakan air minuman dan makanan yang berkemasan plastik dan lainnya," kata Umar.

Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat terus berupaya membangun dan menumbuhkembangkan karakter anak-anak Tubaba yang Nenemo, Sederhana, Setara, dan Lestari.

Yaitu, dengan menerapkan pembiasaan perilaku yang baik, yang dilaksanakan secara konsisten di setiap sekolah yang ada di Tubaba, di antaranya dengan mengajak anak-anak membiasakan pola hidup mencintai lingkungan atau ekologis.

"Anak-anak dirangsang, dilatih, dibiasakan, dan dikembangkan tentang kepekaan dan kesadaran siswa terhadap lingkungan," katanya. 

Penumbuhan karakter ekologis ini salah satunya diaplikasikan dalam bentuk membawa tumbler bagi peserta didik. Harapannya, dapat terus tumbuh dan terpatri dalam diri mereka, menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. 

"Hal tersebut dilaksanakan sekaligus untuk mendorong terwujudnya lingkungan Tubaba yang bersih,  bebas dari sampah sampah plastik, sehat, dan nyaman," katanya.

"Cinta lingkungan, mengurangi sampah plastik dan tidak membuang sampah sembarangan karena sadar pentingnya menjaga kebersihan lingkungan," tandasnya.

Sementara Ika Supriyadi mengapresiasi pembagian tumbelr yang laksanakan Pemkab Tubaba. "Ini sangat baik. Dengan membawa minum sendiri, anak-anak akan terjaga dan lebih hemat. Selain ikut menanamkan cinta terhadap lingkungan sejak dini," katanya. (shn).



Leave a Comment