Sempat Lumpuh, Jalan Liwa - Krui Sudah Bisa Dilalui

img
Proses evakuasi jalan penghubung Liwa Lampung Barat - Krui Pesisir Barat tertimbun longsor dan pohon tumbang.

MOMENTUM, Bandarlampung--Jalan penghubung Kabupaten Lampung Barat - Pesisir Barat yang tertutup longsor dan pohon tumbang sudah bisa dilalui kendaraan, Sabtu (25-1-2020) siang. 

Pembukaan jalur yang tertimbun longsor itu dilakukan bersama oleh kPemerintah Provinsi (Pemrov) Lampung, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat dan Pesisir Barat serta Balai Pengelola Jalan Nasional (BPJN) XIX.

Menurut Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Lampung Mulyadi Irsan, Jalan Lintas Sumatera bagian Barat itu sudah bisa dilalui sejak pukul 14.00 WIB.

"Alhamdulillah berkat kerja sama pemprov, BPJN dan pemerintah daerah, jalan sudah bisa dilalui kembali," ujar Mulyadi.

Dia menjelaskan Pemprov Lampung menurunkan satu unit alat berat untuk membantu proses evakuasi pohon tumbang dan sisa tanah longsor.

"Kan itu ada empat titik, kita dari provinsi mengirimkan satu alat berat berupa excavator ke lokasi," tuturnya.

Diketahui, akibat hujan deras yang mengguyur sejak Jumat (24-1) sore, jalan penghubung Liwa - Krui lumpuh, disebabkan pohon tumbang dan tanah longsor.

Sementara, Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus mengatakan sejak pukul 12.30 WIB, jalan sudah bisa dilalui meski hanya satu jalur.

"Sekarang sudah bisa dilalui, baik roda dua atau empat," ujar Parosil.

Dia mengimbau masyarakat untuk waspada dan siaga terhadap cuaca ekstrem yang terjadi. "Saya mengimbau masyarakat untuk waspada, khususnya saat hujan," ucapnya. (red)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos